GIM VIDEO

Fatwa haram untuk gim PUBG dan sejenisnya

Foto ilustrasi. Aktivis politik di New Delhi, India, meminta gim daring PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) dilarang dimainkan karena dituduh merusak kehidupan anak-anak, Selasa (4/6/2019)
Foto ilustrasi. Aktivis politik di New Delhi, India, meminta gim daring PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) dilarang dimainkan karena dituduh merusak kehidupan anak-anak, Selasa (4/6/2019) | Rajat Gupta /EPA-EFE

Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh mengeluarkan fatwa haram untuk gim PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) dan sejenisnya haram. Fatwa tersebut diputuskan dalam sidang paripurna ulama III tahun 2019 MPU Aceh di Banda Aceh, Aceh, Rabu (19/6/2019).

Wakil Ketua MPU Aceh, Teungku H. Faisal Ali, menuturkan fatwa tersebut dikeluarkan setelah melewati proses pengkajian selama tiga hari (17-19/6) bersama para ulama anggota MPU Aceh, ahli informasi teknologi (IT), dan ahli psikologi.

"Selama tiga hari MPU Aceh mengkaji dan mendalami tentang bahaya dan manfaat game, satu di antaranya PUBG. Dari hasil kajian kita selama tiga hari itu menyimpulkan bahwa bermain game PUBG dan sejenisnya adalah haram," kata ulama yang akrab disapa Lem Faisal ini kepada Beritagar.id, Rabu (19/6).

Menurut Lem Faisal, fatwa tersebut berisi tiga poin besar; yaitu menjelaskan definisi gim dan sejenisnya, hukum tentang bermain gim, dan alasan kenapa difatwakan haram, dan tausyiah atau rekomendasi MPU kepada pemerintah, pengelola tempat permainan gim, dan masyarakat.

Alasan yang mendasar terhadap fatwa haram gim PUBG dan sejenisnya adalah menciptakan kebrutalan, mengubah perilaku, dan perbuatan lain semacamnya pada pemainnya. Itu sebabnya MPU Aceh berharap pemerintah segera memblokir gim tersebut karena mengandung konten-konten yang mengajarkan kekerasan fisik atau psikologi bagi pemainnya.

Dalam fatwa, kata Lem Faisal, disebutkan PUBG dan lainnya, karena menurut paparan ahli IT, permainan PUBG itu hanya satu dari sekian banyak gim serupa yang mengandung unsur kekerasan dan peperangan.

"Jadi kita haramkan PUBG yang model peperangan. Dan sejenisnya itu adalah gim peperangan yang mengajarkan unsur-unsur kekerasan, pornografi, dan islamophobia. Baik gim itu online atau offline, termasuk PlayStation, kalau ada unsur kekerasan tetap haram," tutur Lem Faisal.

Rapat paripurna pengeluaran fatwa haram untuk gim PUBG dan sejenisnya di Sekretariat MPU Aceh, Banda Aceh, Aceh, Rabu (19/6/2019).
Rapat paripurna pengeluaran fatwa haram untuk gim PUBG dan sejenisnya di Sekretariat MPU Aceh, Banda Aceh, Aceh, Rabu (19/6/2019). | MPU Aceh

Kendati telah mengeluarkan fatwa, sebut Lem Faisal, MPU Aceh tidak mempunyai kewenangan untuk melakukan razia atau mengambil langkah hukum terhadap pemain gim yang diharamkan tersebut.

Menurut dia, kewenangan merazia dan mengambil tindakan hukum itu ada pada pemerintah. Sementara MPU Aceh adalah lembaga independen yang punya peran mengeluarkan fatwa dan menasehati badan eksekutif serta legislatif di Aceh.

"Penegakan fatwanya nanti oleh pihak terkait, terutama sekali pemerintah. Makanya di situ ada tausyiah yaitu rekomendasi kepada pihak penegak hukum, pengelola PlayStation, pemerintah, dan masyarakat. MPU di sini hanya mengeluarkan fatwa, sementara yang menegakkan fatwa tersebut adalah pemerintah," ujarnya.

PUBG adalah gim daring (online) yang dimainkan di seluruh dunia dan kini menjadi permainan terlaris di dunia. Bahkan belum lama ini, PUBG baru mengeluarkan pembaruan sejumlah fitur.

PUBG yang awalnya hanya bisa dimainkan di komputer, kini dapat dinikmati melalui perangkat ponsel. Para pemain bermain secara berkelompok atau individu.

Meski populer, penolakan terhadap PUBG juga tidak sepi. Di India, para politikus meminta pemerintah setempat memblokir PUBG karena dinilai merusak kehidupan anak-anak.

Sementara dilaporkan Serambinews, Rabu (19/6), sejumlah lokasi bermain gim dan warung kopi yang menyediakan akses internet mulai sepi setelah muncul fatwa haram. Satu di antaranya di warung kopi SMEA di kawasan Lampineung, Banda Aceh, yang keramaiannya menurun dibanding biasanya.

Permainan gim daring sebenarnya tak melulu oleh anak-anak. Bila merujuk pada data Newzoo Consumer Insights pada 2017, permainan gim daring di Indonesia justru didominasi oleh para pemuda berusia 21 hingga 35 tahun.

PUBG juga sempat dituding menjadi penyebab aksi brutal Brenton Tarant yang memberondong tembakan ke puluhan umat muslim yang sedang salat Jumat di Cristchurch, Selandia Baru, pada 15 Maret 2019. Sedikitnya 40 orang meninggal.

Belakangan, tudingan itu berubah. Media di Australia dan Selandia Baru menegaskan bahwa aksi Tarant tidak terinspirasi oleh gim PUBG.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR