SOROTAN MEDIA

Firli Bahuri dapat jabatan baru sebelum ke KPK

Firli Bahuri saat menjalani uji kepatutan dan kelayakan calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di ruang rapat Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2019)
Firli Bahuri saat menjalani uji kepatutan dan kelayakan calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di ruang rapat Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2019) | Nova Wahyudi /Antara Foto

Kapolri Jenderal Idham Aziz memimpin acara serah terima jabatan (sertijab) sejumlah pejabat tinggi dan menengah Polri, Selasa (19/11/2019). Salah satunya, Irjen Pol Firli Bahuri yang menjabat Kepala Baharkam menggantikan Komjen Pol Condro Kirono.

Irjen Firli tak akan lama menjabat sebagai Kabaharkam, mengingat eks Kapolda Sumatera Selatan tersebut akan meninggalkan Polri dan dilantik sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023 pada Desember 2019 mendatang.

Salah satu fokus Kabaharkam adalah pengamanan Pilkada serentak tahun depan, yang rencananya digelar pada September 2020. Meski hanya akan bertugas sebentar, Firli berdalih pekerjaan tidak bisa dilihat hanya dengan waktu, melainkan proses dan hasil.

Ringkasan

  • Ketua KPK terpilih Irjen Firli Bahuri tiba-tiba dilantik sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri.
  • Acara digelar di Aula Bareskrim Polri, Jalan Trunonjoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (19/11).
  • Padahal, Firli Bahuri diketahui tak lama lagi akan menjabat sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
  • Setelah lolos uji kelayakan dan kepatutan di DPR RI, Firli terpilih menjadi Ketua KPK 2019-2023 dan rencananya dilantik pada Desember 2019.
  • Dengan jabatan baru tersebut, Firli menerima kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi yakni sebagai komisaris jenderal (komjen) atau jenderal bintang tiga.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh okezone.com dan mediaindonesia.com dengan 3 pemberitaan, diikuti peringkat kedua medcom.id dengan 3 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 01:00 hingga 12:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 03:00 WIB dengan total 13 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh detik.com dengan 222 interaksi, diikuti peringkat kedua cnnindonesia.com dengan 175 interaksi. Selanjutnya kumparan.com dengan 80 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR