SOROTAN MEDIA

Ganjar Pranowo dicecar proses penganggaran proyek e-KTP

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo  usai menjalani pemeriksaan di KPK, Jumat (10/5/2019).
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo usai menjalani pemeriksaan di KPK, Jumat (10/5/2019). | Reno Esnir/foc /ANTARA FOTO

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (10/5/2019). Ia diperiksa sebagai saksi untuk perkara tindak pidana korupsi pengadaan KTP elektronik (e-KTP) dengan tersangka anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Markus Nari.

Ganjar yang saat itu sebagai pimpinan Komisi II DPR RI dicecar penyidik soal penambahan anggaran soal proyek yang diduga merugikan negara Rp2,3 triliun dari total anggaran Rp5,9 triliun.

Topik pemeriksaan Ganjar ini menjadi sorotan media daring pada hari ini. Sampai pukul 14.00, sebanyak 48 berita ditulis oleh 27 media. Sedang amplifikasi di media sosial berupa respon dan komentar mencapai hingga 50 ribuan.

Ringkasan

  • Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ia diperiksa sebagai saksi atas tersangka Markus Nasri, koleganya di Komisi II DPR, dalam kasus korupsi pengadaan e-KTP.
  • Markus terlibat dalam dua perkara. Pertama, Ia dijadikan tersangka karena diduga merintangi penyidikan. Kedua, Markus ditetapkan sebagai tersangka baru dalam dugaan korupsi pengadaan e-KTP.
  • Ganjar diminta menjelaskan ihwal penambahan anggaran dalam proyek e-KTP elektronik.
  • Menurut Ganjar ada sekitar 100 sekian kabupaten yang mesti mencetak e-KTP, sehingga butuh tambahan anggaran. Kementerian lalu diminta untuk memberikan detilnya untuk apa saja kemudian diajukan di Banggar.
  • Ganjar juga telah beberapa kali bersaksi di persidangan, baik dalam perkara terdakwa Irman dan Sugiharto, Andi Narogong, maupun Setya Novanto. Setya pernah menyebut Ganjar menerima uang US$500 ribu dari proyek e-KTP, namun Ganjar membantahnya.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 11 pemberitaan, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dengan 5 pemberitaan. selanjutnya detik.com dengan 3 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 03:00 hingga 14:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 10:00 WIB dengan total 17 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah sebaran pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh viva.co.id dengan 8321 sebaran, diikuti peringkat kedua tempo.co dengan 1490 sebaran. Selanjutnya detik.com dengan 1350 sebaran pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR