TEKNOLOGI INFORMASI

Generasi Z, pengguna internet terbesar di Indonesia

Ratusan mahasiswa mengikuti pelatihan komputasi awan (cloud computing) di di Aula Timur Kampus ITB, Bandung, Jawa Barat, Kamis (18/10/18).
Ratusan mahasiswa mengikuti pelatihan komputasi awan (cloud computing) di di Aula Timur Kampus ITB, Bandung, Jawa Barat, Kamis (18/10/18). | M Agung Rajasa /ANTARA FOTO

Sebanyak 171,17 juta masyarakat Indonesia atau 64,8 persen sudah menggunakan internet. Pada 2018, pengguna internet terbesar berasal dari kelompok usia 15 hingga 19 tahun. Mereka ini tergolong generasi Z.

Menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia ( APJII), sejak tahun 1998 jumlah pengguna internet terus meningkat. Dari total populasi penduduk yang mencapai 264,14 juta, pada 2017 ada 143,26 juta orang Indonesia menggunakan internet.

Angka tersebut mengalami peningkatan 10,12 persen atau tumbuh 27,9 juta pengguna dibandingkan tahun sebelumnya

"Kenaikan ini disebabkan karena ada pembangunan infrastruktur oleh penyedia jasa internet baik yang besar ataupun penyedia jasa internet lokal yang kecil-kecil,” kata Sekjen APJII, Henri Kasyfi, dalam presentasi hasil survei kerja sama APJII dan Polling Indonesia dalam perayaan Hari Jadi APJII ke-23 di Jakarta, Rabu (15/5) malam.

Henri menerangkan, survei ini dilakukan selama periode Maret hingga 14 April 2019. Sampelnya sebanyak 5.900 orang, dengan margin of error 1,28 persen.

Pengguna internet di Indonesia tersebar di berbagai wilayah. Pulau Jawa mendominasi dengan jumlah pengguna 55 persen.

Lebih rinci lagi, sebanyak 16,6 persen pengguna internet berasal dari Jawa Barat, diikuti Jawa Tengah (14,3 persen), Jawa Timur (13,5 persen), DKI Jakarta (4,7 persen), Banten (4,7 persen), dan DI Yogyakarta (1,5 persen).

"Mengenai kontribusi, pulau Jawa masih berkontribusi paling banyak terhadap pengguna internet. Tapi kalau penetrasi kita bicara jumlah pengguna internet dibandingkan dengan populasi di area tersebut," terang Henri.

Selain Jawa, daftar pengguna internet terbanyak diisi oleh Sumatra dengan 21 persen, Sulawesi-Maluku-Papua 10 persen, Kalimantan 9 persen, dan Bali-Nusa Tenggara 5 persen.

Menilik usia, generasi milenial--kini berusia 23 hingga 38 tahun--secara keseluruhan masih mendominasi. Meski demikian, penetrasi paling tinggi ada pada kelompok usia yang lebih muda, yakni generasi Z.

"Dari segmen umur, ternyata dari usia 15-19 tahun mempunyai penetrasi paling tinggi (mencapai 91 persen)," imbuh Henri.

Tertinggi kedua ada pada kelompok usia 20-24 tahun dengan 88,5 persen. Secara berurutan kemudian, usia 25-29 tahun (82,7 persen), 30-34 tahun (76,5 persen), 35-39 tahun (68,5 persen).

Para pengguna internet menghabiskan waktu sekitar 3-4 jam sehari. "Alasan utama menggunakan internet kebanyakan untuk komunikasi lewat pesan, media sosial, dan mencari informasi terkait pekerjaan," terang Henri.

Untuk berselancar di internet, akses dari ponsel atau sabak digital masih mendominasi. Ini dilihat dari 96,6 persen pengguna internet yang memanfaatkan akses dari paket data atau kuota operator seluler.

Jenama operator seluler paling populer adalah Telkomsel, disusul Indosat, XL, baru kemudian Smartfren.

Selain itu, akses dari sambungan fixed internet di hunian, sekolah, sampai rumah tetangga juga tercatat dalam survei APJII.

"Pekerjaan rumah kita di jumlah rumah yang terkoneksi internet. Saat ini Indonesia memiliki sekitar 60 juta rumah, namun yang terkoneksi internet masih sekitar 10 juta.Nah, dalam waktu lima tahun ke depan kita harapkan itu bisa meningkat menjadi 30 juta rumah terkoneksi internet," papar Henri.

Ke depan, APJII berharap Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Palapa Ring yang baru dimulai pada 2019 akan berdampak positif pada penetrasi internet di Indonesia. “Kami coba lihat di hasil survei tahun depan karena dia baru berjalan sekarang, kami berharap Palapa Ring ini penetrasinya semakin meningkat," kata Ketua Umum APJII, Jamalul Izza.

Jamalul memperkirakan, kenaikan penetrasi internet pada 2019 bisa mencapai 15 persen.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR