OBITUARIUM

Gigi Wu si ''bikini climber'' kini telah tiada

Gigi Wu berpose di puncak Gunung Yu, gunung tertinggi di Taiwan.
Gigi Wu berpose di puncak Gunung Yu, gunung tertinggi di Taiwan. | Laman Facebook Gunung Yu /Laman Facebook Gunung Yu

Gigi Wu si "bikini climber" telah tiada. Ia jatuh ke jurang dan tewas karena hipotermia.

Perempuan 36 tahun ini sedang melakukan pendakian selama 25 hari di Yushan, Taiwan Tengah. Seperti biasa, Wu mendaki sendirian. Ia berangkat Jumat (11/1).

Walau sudah berulang kali mendaki gunung, Wu tersandung juga. Ia jatuh ke jurang setinggi 65 kaki. Hampir 20 meter. Kira-kira setara gedung enam lantai.

Saat jatuh, perempuan kelahiran Taiwan ini masih sadar. Wu mengalami cedera pada kaki hingga tidak dapat bergerak.

Dengan menggunakan telepon satelit, Wu menelepon temannya Sabtu (19/1). Ia menceritakan peristiwa itu, dan minta pertolongan.

Bala bantuan National Airborne Service Corps berupaya mencari di jurang mana Wu berada. Setelah ditemukan, mereka berupaya mengirim beberapa helikopter Black Hawk meluncur menelusuri Taman Nasional Yushan.

Namun, cuaca buruk membuat hal ini sulit dilakukan. Akhirnya mereka mengirim dua tim SAR. Masing-masing terdiri dari tiga orang

Akhirnya Wu ditemukan Senin (21/1), 28 jam setelah pencarian dimulai, dalam keadaan tewas. Tubuh perempuan berambut panjang ini membeku terbaring di dalam jurang sempit.

Komandan Lin Cheng-I, yang memimpin Skuadron Ketiga Departemen Pemadam Kebakaran Kabupaten Nantou mengatakan, distress beacon (suar darurat) Wu diaktifkan pada ketinggian 1.693 meter di atas permukaan laut. Suhu malam hari di lokasi ini mencapai 2 derajat Celsius.

Tim penyelamat pun harus menunggu cuaca stabil sebelum akhirnya bisa mengangkat jasad Wu. Mereka menggelar tenda tak jauh dari lokasi kecelakaan.

Gigi Wu yang bernama asli Wu Chi-Yun ini bukan pendaki gunung amatir. Sepanjang tahun 2018, Wu mengungkap telah menghabiskan kira-kira sepertiga tahun--127 hari--untuk mendaki.

Saat mendaki gunung, Wu punya kebiasaan unik. Ia akan berfoto di puncak gunung yang berhasil ditaklukkannya, dan berpose sambil mengenakan bikini.

Meski aksinya eksentrik, BBC.com mencatat bahwa Wu adalah pendaki profesional. Ia menggunakan peralatan daki yang layak, juga waspada selama menjalani ekspedisi.

Wu pernah bercerita dalam sebuah wawancara tentang asal mulanya berbikini di puncak gunung. Semua berawal saat ia kalah taruhan dengan seorang teman.

Kebiasaan ini membuatnya dijuluki bikini climber atau bikini hiker. Foto-foto pencapaiannya itu kemudian ia unggah ke akun media sosialnya di Facebook dan Instagram.

Keunikan ini membuat Wu memiliki banyak pengikut di media sosial. Laman facebooknya punya lebih dari 18 ribu pengikut.

Unggahan terakhir Wu ke Facebook adalah pada hari Kamis. Dia berbagi foto pemandangan puncak gunung yang menakjubkan, dengan caption “merayakan hari ini.”

Kini akun facebooknya telah diubah menjadi akun kenangan. Banyak teman dan penggemar meninggalkan pesan belasungkawa untuk Wu.

"Terima kasih telah menyajikan kami pemandangan indah yang tak terhitung jumlahnya, semoga jiwamu diberkati," tulis seorang pengguna.

“Di mata orang-orang yang suka mendaki, kamu adalah standar pendaki yang profesional dan mengagumkan! Jadilah malaikat di hutan gunung favoritmu,” tulis pengguna lain.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR