TRANSPORTASI

Gojek sedia layanan GoCar Instan di Bandara Soetta

Foto ilustrasi. Logo Gojek tertera di bagian belakang jaket mitra pengemudi di Medan, Sumatra Utara, Sabtu (3/8/2019).
Foto ilustrasi. Logo Gojek tertera di bagian belakang jaket mitra pengemudi di Medan, Sumatra Utara, Sabtu (3/8/2019). | Septianda Perdana /Antara Foto

Layanan transportasi berbasis teknologi, Gojek, meluncurkan fitur baru di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) di Cengkareng, Tangerang, Banten, Selasa (10/9/2019). Fitur itu adalah perluasan GoCar bernama GoCar Instan.

Co-Founder Gojek, Kevin Aluwi, mengatakan GoCar Instan merupakan inovasi yang menjawab potensi penumpang di Bandara Soekarno-Hatta. Penumpang ini belum secara resmi terakses oleh Gojek sehingga perlu "dijemput".

GoCar Instan adalah fitur pemesanan di tempat (on the spot) yang dilengkapi solusi pengelolaan antrean. Jadi konsumen diharapkan bisa mendapat kendaraan dengan cepat tanpa mengganggu kelancaran lalu lintas.

Jadi, konsumen bisa memesan kendaraan dari Bandara Soekarno-Hatta, untuk sementara di terminal kedatangan 2D dan 2F. Gojek akan memperluasnya hingga ke terminal kedatangan 1A dan terminal 3.

"Di titik ini pengguna dapat memesan layanan GoCar Instan, lalu melapor ke petugas kami di bandara dan akan dijemput di area khusus yang telah disediakan," ujar Kevin dalam keterangan tertulis.

Soal tarif, GoCar Instan tetap merujuk pada tarif layanan GoCar sesuai regulasi Kementerian Perhubungan. "Fitur baru GoCar Instan di Bandara Soekarno-Hatta adalah solusi dari Gojek untuk transportasi cepat dan mudah dari bandara," imbuh Kevin.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Agus Hariyadi, mengatakan fitur baru Gojek ini bisa membuat mobilitas penumpang bandara menjadi lebih baik lantaran terdapat banyak pilihan kendaraan. Itu sebabnya Agus mengapresiasi inovasi Gojek.

Sementara soal armada untuk GoCar Instan, Gojek melibatkan Koperasi Ligat Sejahtera. Ketua Koperasi Ligat Utama Sejahtera Khairul Yahya mengatakan saat ini sudah menyiapkan 250 kendaraan untuk layanan Gocar Instan di Bandara Soetta.

Khairul melanjutkan jumlah armada masih bisa disesuaikan saat terjadi lonjakan penumpang. "Anggota koperasi terutama para pengemudi bisa ciptakan efisiensi waktu mereka bekerja. Masyarakat pengguna aplikasi di Bandara Soetta juga sangat antusias dan kami berharap dapat terus berlanjut dan ditingkatkan," kata Khairul dikutip Tempo.co.

Diminta ke bandara lain

Di sisi lain, Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Ahmad Yani, meminta Gojek membuka layanan serupa di semua bandara di Indonesia. "Nanti mungkin bandara-bandara yang lain mestinya masuk GoCar untuk meningkatkan aksesibilitas," katanya kepada Kumparan di Bandara Soetta, Selasa (10/9).

‎Menanggapi permintaan itu, Gojek mengaku masih mengkajinya. Pada intinya, kata Kevin, Gojek ingin melebarkan sayap GoCar Instan di bandara lain.

"Kami memang ada ekspektasi untuk melebarkan cakupan GoCar Instan. Kami terus melakukan diskusi berkelanjutan," katanya.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR