Grumpy Cat si kucing viral, kini telah tiada

Grumpy Cat, menghadiri acara Toyfair di Jacob Javitz Center, New York, (15/2/2015).
Grumpy Cat, menghadiri acara Toyfair di Jacob Javitz Center, New York, (15/2/2015). | JStone /Shutterstock

Legenda internet Grumpy Cat kini telah tiada. Yang tersisa kini hanya meme-meme dengan wajahnya yang viral di seantero media sosial.

Kabar duka datang Jumat (17/5) dini hari. Keluarga yang memelihara Grumpy Cat, Tabatha, Bryan, dan Chrystal Bundesen dari Morristown, Arizona, Amerika Serikat (AS) berbagi kabar.

Kucing bernama asli Tardar Sauce tersebut menderita komplikasi setelah operasi baru-baru ini. Grumpy Cat mati pada hari Selasa (14/5) pagi. Infeksi saluran kemih merenggut kucing berwajah merengut ini pada usia 7 tahun.

Dalam pernyataan resmi, keluarga Grumpy Cat menuliskan pernyataan.

"Terlepas dari perawatan dari para profesional top, serta dari keluarga yang sangat mencintainya, Grumpy menghadapi komplikasi dari infeksi saluran kemih baru-baru ini yang sayangnya menjadi terlalu sulit untuk diatasi. Dia meninggal dengan damai pada pagi hari Selasa, 14 Mei, di rumah di pelukan ibunya, Tabatha."

"Selain menjadi bayi kami dan anggota keluarga yang disayangi, Grumpy Cat telah membantu jutaan orang tersenyum di seluruh dunia--bahkan pada masa-masa sulit. Rohnya akan terus hidup melalui penggemarnya di mana-mana."

Ya, kucing yang diabadikan oleh museum Madame Tussauds di San Fransisco ini memang telah berjasa membantu banyak orang tersenyum dan tertawa selama bertahun-tahun.

Tardar Sauce mendapatkan wajah yang cemberut permanen akibat kondisi "dwarfisme kucing" Kondisi tersebut kemudian mengilhami jutaan meme yang lucu dan menggemaskan.

Wajah Grumpy Cat mulai populer setelah Bryan Bundesen, saudara laki-laki Tabatha Bundesen yang memeliharanya mengunggah foto bertajuk Meet Grumpy Cat di Reddit pada September 2012. Sejak itu lah wajah Grumpy Cat menjadi viral.

Ada saja orang-orang yang menuding foto Grumpy Cat adalah hasil photoshop. Sebab dalam foto itu Tardar Sauce mengerutkan kening layaknya manusia.

Bryan pun mengunggah video 10 detik di YouTube sebagai bukti. Hingga kini, video tersebut sudah ditonton lebih dari 3 juta kali.

Do not disturb Grumpy Cat! /Real Grumpy Cat

Tak lama setelah kabar kematian Grumpy Cat, pesan-pesan belasungkawa dan ingatan yang mengharukan pun muncul di media sosial. Banyak orang berbagi foto dari berbagai kesempatan saat mereka bertemu dengan kucing yang punya lebih dari 2,5 juta pengikut di Instagram ini.

Di situs resmi Grumpy Cat, keluarganya berbagi betapa ia adalah kucing kecil yang sempurna dan meskipun terkenal dan eksis di internet, Tardar Sauce menjalani kehidupan kucing yang 99 persen normal.

"Dia bermain, bersembunyi, dan berlaku layaknya kucing bertindak. (Dia suka sekali bersembunyi di balik tirai) Dia tidak di depan kamera sepanjang waktu seperti yang dikira banyak orang," tulis keluarga Grumpy Cat.

Mereka juga pernah mengungkap, sesi foto Grumpy Cat paling-paling hanya dilakukan satu kali setiap minggu. Juga pada beberapa kesempatan ketika mereka bertemu dengan media. "Status Tardar Sauce yang utama adalah anggota keluarga," tulis mereka.

Salah satu foto terakhir yang diunggah di halaman Instagram Grumpy Cat memperlihatkan dia berjalan dengan saudara laki-lakinya, Pokey. Foto ini diambil dalam rangka Hari Saudara Nasional di AS, diberi caption Another Annoying #NationalSiblingsDay".

Grumpy Cat telah meninggalkan warisan yang luar biasa. Dari kerjasama dengan Garfield the Cat, hingga mungkin meme kucing paling hits sepanjang masa. Internet dan penggemarnya pasti akan merindukan tatapannya yang pemarah tapi manis. Beristirahat lah dengan tenang, Tardar Sauce.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR