SOROTAN MEDIA

Gugatan praperadilan Kivlan Zen ditolak

Tersangka kasus dugaan kepemilikan senjata api ilegal Kivlan Zen berjalan dengan kawalan petugas kepolisian seusai menjalani pemeriksaan di Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (19/6/2019).
Tersangka kasus dugaan kepemilikan senjata api ilegal Kivlan Zen berjalan dengan kawalan petugas kepolisian seusai menjalani pemeriksaan di Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (19/6/2019). | Indrianto Eko Suwarso /Antara Foto

Gugatan praperadilan tersangka kasus dugaan kepemilikan senjata ilegal, Kivlan Zein, ditolak oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (30/7/2019). Hakim tunggal Ahmad Guntur menyatakan penangkapan dan penetapan Kivlan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya adalah sah.

Mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis (Kostrad) TNI AD itu ditetapkan sebagai tersangka kepemilikan senjata api ilegal pada Rabu, 29 Mei 2019. Ia kemudian ditahan di Rutan POM DAM Jaya Guntur, Jakarta Selatan.

Polisi menjerat Mayjen purnawirawan itu dengan pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Darurat No. 12 Tahun 1951 tentang senjata api. Bila terbukti bersalah, ancaman hukumannya maksimal 20 tahun penjara.

Ringkasan

  • Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Achmad Guntur, memutuskan untuk menolak gugatan praperadilan yang diajukan oleh tersangka dugaan kepemilikan senjata api ilegal, Kivlan Zen.
  • Penetapan tersangka, menurut Achmad Guntur, sudah didasari bukti permulaan yang cukup.
  • Hakim menilai penetapan Kivlan Zen sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan.
  • Mayjen purnawirawan itu mengajukan praperadilan ke PN Jaksel pada 20 Juni 2019 untuk menggugat Polda Metro Jaya karena keberatan terhadap status tersangka atas kasus dugaan kepemilikan senjata api ilegal.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 7 pemberitaan, diikuti peringkat kedua suara.com dengan 4 pemberitaan. selanjutnya tribunnews.com dengan 3 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 11:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 09:00 WIB dengan total 9 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh tempo.co dengan 186 interaksi, diikuti peringkat kedua viva.co.id dengan 26 interaksi. Selanjutnya tribunnews.com dengan 17 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR