BJ HABIBIE WAFAT

Habibie tinggalkan banyak warisan

FOTO DOKUMENTASI. Presiden ketiga RI, BJ Habibie menghadiri pembukaan Sidang Tahunan MPR Tahun 2017 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2017).
FOTO DOKUMENTASI. Presiden ketiga RI, BJ Habibie menghadiri pembukaan Sidang Tahunan MPR Tahun 2017 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2017). | Akbar Nugroho Gumay /Antara Foto

Kepulangan BJ Habibie pemilik nama lengkap Prof DR (HC) Ing Dr Sc Mult Bacharuddin Jusuf Habibie di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019) pukul 18.03 WIB, membuat bangsa Indonesia berduka lantaran banyak meninggalkan warisan.

Lelaki kelahiran Pare-Pare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 ini menjadi Guru Bangsa yang banyak mewariskan kebijakan yang bisa dinikmati masyarakat luas, juga menjadi inspirasi, baik secara pribadi hingga jabatannya.

Presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam pesan penghormatan terakhir untuk Presiden ke-3 RI, BJ Habibie, mengajak seluruh rakyat berterima kasih.

"Saya mengajak seluruh rakyat untuk mengucapkan terima kasih dan memberi penghormatan yang tinggi atas darma bakti almarhum. Selamat jalan, Mr Crack, selamat jalan sang pionir," ujar Jokowi dalam upacara pemakaman di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, pada Kamis (12/9).

Jokowi juga mengenang BJ Habibie sebagai orang yang visioner. Habibie mampu menjadi negarawan sekaligus ilmuwan yang menciptakan beragam inovasi.

"Almarhum tidak hanya berpikir dirinya sendiri, tapi sudah memikirkan bangsa Indonesia. Tidak hanya berpikir apa yang terjadi di Indonesia saat ini, satu atau dua tahun mendatang, tapi sudah berpikir dan bekerja untuk membangun Indonesia untuk 50-100 tahun ke depan untuk Indonesia bisa lepas landas," paparnya. (Catatan singkat perjalanan karir BJ Habibie, simak infografik di bawah.)

MENYAPA | Foto dalam infografik adalah arsip 2010, saat B.J. Habibie menghadiri pidato Presiden Amerika Serikat Barack Obama di Universitas Indonesia, Depok, 10 November. Habibie menyapa hadirin yang mengelu-elukan dirinya.
MENYAPA | Foto dalam infografik adalah arsip 2010, saat B.J. Habibie menghadiri pidato Presiden Amerika Serikat Barack Obama di Universitas Indonesia, Depok, 10 November. Habibie menyapa hadirin yang mengelu-elukan dirinya. | Antyo® /Beritagar.id

Putra sulungnya, Ilham Habibie, saat memberikan sambutan dalam pemakaman jasad ayahnya, mengajak masyarakat Indonesia untuk "belajar dari seorang guru bangsa".

"Marilah kita belajar dari seorang guru bangsa. Bagaimana beliau punya sikap. Pertama, sampai akhir hayat, bapak tidak pernah mau berhenti untuk belajar. Selalu ada hal baru yang harus kita mengerti, mulai tantangan masalah sampai dengan solusi," tutur Ilham.

Sang ayah, menurutnya, tak kenal lelah untuk mencapai tujuan. Habibie juga, di usia senjanya, selalu siap jika diminta memberi masukan dan nasihat yang diperlukan.

Bahkan Habibie juga terbuka dan mau merangkul semua pihak, tidak membedakan--menerima hal baik dari siapapun dan selalu berupaya untuk memerbaiki segala yang buruk.

Apa saja yang Habibie wariskan kepada masyarakat Indonesia?

Saat memimpin Republik Indonesia, meski tergolong singkat (21 Mei 1998 hingga 20 Oktober 1999), banyak kebijakan penting yang diwariskan suami Hasri Ainun Besari yang biasa dipanggil Hasri Ainun Habibie --meninggal dunia pada 22 Mei 2010 di Jerman.

Berikut sejumlah kebijakan yang menjadi warisan bagi bangsa Indonesia:

Kebebasan menyalurkan aspirasi atau berpolitik
Undang-undang Nomor 2 Tahun 1999 tentang Partai Politik diteken BJ Habibie saat menjabat Presiden. UU itu memberikan kebebasan kepada rakyat untuk menyalurkan aspirasi melalui partai politik. Tak heran, Pemilu 1999 diikuit 48 parpol. Terusan UU tentang Partai Politik itu, BJ Habibie menerbitkan UU Nomor 3 Tahun 1999 tentang Pemilu. UU ini menjadi dasar pemilu dengan sistem multipartai.

Lahirkan otonomi daerah
Dalam upaya mengatasi kesenjangan antara pusat dan daerah, BJ Habibie juga membidani lahirnya Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah. Otonomi daerah diharapkan menjadi pemicu pemerataan pembangunan di Indonesia dan menjadi jalan keluar dari krisis ekonomi 1997-1998.

Pembatasan masa jabatan presiden dan wakil
BJ Habibie, saat menjabat presiden, mendorong terbitnya Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat atau Tap MPR Nomor XIII/MPR/1998 tentang Pembatasan Masa Jabatan Presiden dan Wakil Presiden, maksimal hanya dua kali periode. Ini menjadi acuan pemilu presiden masih berlaku yang hingga sekarang.

Penguatan MPR, DPR, dan DPRD
Saat menjabat presiden, BJ Habibie, melalui Undang-undang Nomor 4 Tahun 1999 tentang Susunan Kedudukan DPR/MPR, melakukan pembaruan susunan dan kedudukan DPR/MPR. Perubahan tidak hanya mencakup komposisi dan jumlah angota MPR, DPR, dan DPRD, tetapi juga menyangkut penjabaran serta penegasan tugas, wewenang, dan hak MPR, DPR, dan DPRD.

Membebaskan narapidana politik
Kepemimpinan Habibie, memberi angin segar sejumlah tahanan politik hingga mendapat kebebesan. Di antaranya mantan anggota DPR yang dipenjara lantaran kritis terhadap Soeharto yang kala itu berkuasa, yakni Sri Bintang Pamungkas. Selain itu, Muchtar Pakpahan, pemimpin buruh yang dituduh memicu kerusuhan di Medan tahun 1994.

Kebebasan Pers
Masa kepemimpinan BJ Habibie, menjadi sejarah besar bagi dunia jurnalistik di Indonesia. Habibie yang saat itu menjabat Presiden RI melahirkan Undang-udang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Lahirnya undang-undang itu, menjadi tonggak kebebasan pers Indonesia lantaran selama 32 tahun berada di era Orde Baru, pers tak hidup dalam kendali dan kekangan penguasa. Era Habibie, breidel dihapuskan.

Bank Indonesia independen
Habibie juga telah mengeluarkan kebijakan penting di bidang ekonomi. Masa kepemimpinan Habibie telah melahirkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia. Undang-undang ini membuat Bank Indonesia memasuki era baru dalam sejarah sebagai Bank Sentral independen yang memiliki tugas dan wewenang untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Habibie kala itu berhasil memangkas nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada kisaran Rp10.000-Rp15.000.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR