HARBOLNAS

Harbolnas 2015 sebar diskon hingga Rp120 miliar

Ilustrasi belanja online
Ilustrasi belanja online | /pixabay.com

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) tahun 2015 ini digelar lebih meriah dari sebelumnya. Ajang yang sudah dimulai hari ini, Kamis (10/12/2015) akan berlangsung selama tiga hari hingga Sabtu (12/12/2015).

Pemilik lapak online, mulai dari yang bersegmen otomotif, elektronik, hingga mode, pun mulai menawarkan beragam diskon untuk barang dagangannya. Sejumlah pelaku industri yang biasanya terlibat, antara lain Zalora, Berrybenka, PinkEmma, Bilna, Traveloka, Luxola, Bukalapak, Blibli, MatahariMall, dan Lazada.

Adapun diskon yang ditawarkan bisa mencapai 90 persen. Dengan total nilai diskon dari seluruh peserta mencapai Rp120 miliar.

Indra Yonathan, Ketua Harbolnas 2015, mengatakan, penyelenggaraan yang lebih lama ini dikarenakan antusiasme masyarakat Indonesia untuk belanja online dari tahun ke tahun semakin besar. Sejalan dengan itu, peserta Harbolnas 2015 pun melonjak dari hanya 78 situs online di 2014, kini menjadi 140 peserta.

"Indonesia memiliki potensi yang luar biasa untuk menjadi negara dengan industri e-commerce terbesar di Asia Tenggara. Di sinilah peran Harbolnas dalam merangkul semua pihak guna saling bahu membahu mengembangkan industri ini," kata Indra dalam detikcom.

Perpanjangan periode Harbolnas 2015 juga dikarenakan akan adanya kemungkinan gangguan server yang biasanya bisa melonjak dari lima hingga sepuluh kali lipat pada hari itu.

Pada Harbolnas 2015 nanti juga diprediksi akan terjadi peningkatan traffic internet delapan hingga sepuluh kali lipat. Di luar negeri, kebiasaan perayaan diskon belanja online besar-besaran sudah biasa dikemas dengan sebutan Cyber Monday dimulai pukul 00.00.

Liputan6.com membagikan tip yang wajib Anda ketahui sebelum berburu di belanja online, yakni:

1. Cari kupon atau kode promo

Salah satu cara mudah untuk mendapat potongan harga adalah dengan mencari kupon atau kode promo dari masing-masing toko. Beberapa toko online biasanya menyediakan kode promo bagi pembeli dengan syarat tertentu, misalnya setelah mengunduh aplikasinya ataupun ketika melakukan transaksi perdana.

2. Manfaatkan program cashback

Tak hanya itu, pengguna kartu kredit juga dapat memanfaatkan program kredit dengan cicilan seminimal mungkin. Jadi, pembeli tetap dapat berbelanja dengan harga paling menarik dan sesuai dengan kemampuan.

3. Cek media sosial

Media sosial saat ini sudah jadi salah satu media pemasaran yang cukup efektif, terlebih bagi brand yang tidak terlalu besar. Sebab, melalui media sosial brand ini dapat menginformasikan produknya dengan cara lebih mudah dan murah.

4. Tidak melulu soal diskon

Ketika membeli sesuatu, tidak sedikit pembeli berpikir tentang besarnya potongan harga yang diberikan. Padahal, tidak selalu potongan harga yang diberikan itu jadi harga yang termurah. Untuk itu, sebagai alternatif, calon pembeli dapat melihat beberapa harga yang dijual secara bundling.

Catatan redaksi: Blibli.com dan Beritagar.id berada di bawah naungan induk perusahaan yang sama.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR