BISNIS RITEL

HERO siapkan 3 gerai baru IKEA di Jakarta, Bogor, dan Bandung

Salah satu ruang inspiratif yang ditawarkan IKEA sebagai solusi rumah kecil dalam katalog baru mereka yang diluncurkan di IKEA Alam Sutera, Tangerang, Banten (29/8/2019).
Salah satu ruang inspiratif yang ditawarkan IKEA sebagai solusi rumah kecil dalam katalog baru mereka yang diluncurkan di IKEA Alam Sutera, Tangerang, Banten (29/8/2019). | IKEA Indonesia

Setelah lima tahun berdiri di Indonesia, toko furnitur dan aksesoris rumah tangga, IKEA Indonesia, akan membuka tiga gerai baru dalam waktu dekat. Pertumbuhan ekonomi yang menjanjikan, membuat PT Hero Supermarket Tbk, pemegang hak merek produk asal Swedia itu di Indonesia, optimistis tambahan gerai baru tersebut bakal menambah keuntungan.

Gerai kedua akan berlokasi di Sentul, Bogor, menempati bangunan bekas Giant--supermarket yang juga dikelola Hero--dan dijadwalkan mulai beroperasi pada akhir tahun ini.

Dua gerai lain, yang ditargetkan buka pada akhir tahun 2020, masing-masing berlokasi di kompleks Jakarta Garden City di Cakung, Jakarta Timur, dan Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Patrick Lindvall, Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk, menyatakan Pulau Jawa memang masih menjadi prioritas pengembangan bisnis IKEA di Indonesia.

“Pertumbuhan ekonomi di Indonesia sangat besar. Lebih besar dari Inggris. 60 persen pertumbuhan ekonomi terjadi di Pulau Jawa. Jadi memang tempat ini bagus untuk membuka gerai baru," kata Lindvall dalam peluncuran katalog 2020 di IKEA Alam Sutera, Tangerang, Banten, Kamis (29/08/2019).

Tahun lalu perekonomian Indonesia tumbuh 5,17 persen, sementara Inggris hanya 1,4 persen, terendah dalam enam tahun terakhir.

Investasi besar-besaran Hero untuk IKEA membuat keuntungan bersih perusahaan pada semester-I 2019 turun 77 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu (yoy)--dari Rp34 miliar pada 2018 menjadi Rp8 miliar tahun ini.

Total pendapatan bersih emiten berkode HERO itu yoy turun 2,5 persen, dari Rp6,84 triliun menjadi Rp6,67 triliun.

"IKEA terus melampaui target Perseroan dan karenanya, kami berusaha untuk berinvestasi secara signifikan dalam memperbanyak jaringan toko, serta bisnis online," kata Lindvall.

Selain itu, lanjutnya, HERO juga menargetkan berinvestasi lebih dari Rp 500 miliar untuk menciptakan toko yang lebih baik, dengan ruang usaha ritel lebih relevan, meningkatkan penawaran produk di setiap format toko serta meningkatkan standar pelayanan kepada pelanggan, dan demi menjamin keberlanjutan lapangan pekerjaan bagi karyawan.

Solusi rumah kecil

Peluncuran katalog terbaru ini menandakan dimulainya tahun baru bagi IKEA pada bulan September. Katalog setebal 280 halaman berlaku hingga Maret 2020.

Dalam katalog bertema "Katalog Baru, Inspirasi Baru", IKEA tampak menawarkan solusi bagi masyarakat perkotaan dengan hunian yang kecil dalam mencari inspirasi berbagai macam furnitur dan aksesoris rumah.

“Kami memberikan solusi untuk masyarakat yang tinggal di rumah-rumah kecil khususnya di perkotaan atau Jakarta ini. Bagaimana menata rumah agar tetap nyaman,” kata Ririn Basuki, Public Relation IKEA Indonesia.

Peluncuran katalog menjadi hal yang ditunggu-tunggu bagi pecinta funitur dan aksesoris rumah. Dalam katalognya kali ini IKEA menampilkan lima ruang inspiratif. Mulai dari kamar tidur untuk pasangan muda, ruang makan yang menyatu dengan ruang tamu, kamar tidur untuk anak remaja, kamar pasangan yang sudah mapan, dan apartemen berukuran kecil.

Menurut Ririn, ruangan inspiratif yang ditampilkan merupakan gambaran kebutuhan orang pada umumnya. Produk yang dijual IKEA juga merupakan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat. Karena pihaknya sudah melakukan kunjungan dan wawancara ke rumah-rumah agar dapat menciptakan kehidupan yang lebih baik di rumah.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR