SOROTAN MEDIA

Huawei kehilangan akses Android

Seorang pembeli menunggu untuk membeli ponsel pintar Huawei P30 baru sebelum Huawei P30 dan P30 Pro dijual di toko Huawei di Beijing, China, Kamis (11/4/2019).
Seorang pembeli menunggu untuk membeli ponsel pintar Huawei P30 baru sebelum Huawei P30 dan P30 Pro dijual di toko Huawei di Beijing, China, Kamis (11/4/2019). | Jason Lee /ANTARA FOTO/REUTERS

Google melucuti lisensi Android untuk Huawei di tengah perang dagang AS. Hal ini bisa menghambat bisnis produsen ponsel tersebut di luar Tiongkok. Pasalnya, Raksasa teknologi Tiongkok itu akan kehilangan akses ke pembaruan sistem operasi Google, Android.

Akibatnya ponsel pintar Huawei versi berikutnya yang menggunakan sistem operasi Android juga akan kehilangan akses ke layanan populer. Termasuk Google Play Store dan aplikasi Gmail juga YouTube.

Menurut laporan media, Intel dan Qualcomm pun ikut serta meninggalkan raksasa teknologi tersebut.

Ringkasan

  • Alphabet Inc selaku perusahaan induk Google menghentikan dukungan mereka untuk smartphone Huawei .
  • Huawei masih dapat menggunakan sistem operasi Android yang tersedia melalui lisensi open source.
  • Menghentikan bisnis dengan Huawei dinilai kejam, karena banyak produk Huawei menggunakan komponen atau teknologi dari AS.
  • Seorang juru bicara Google mengatakan, perusahaan "mematuhi perintah dan meninjau implikasinya".
  • Administrasi Trump menambahkan Huawei Technologies Co Ltd ke daftar hitam perdagangan, segera memberlakukan pembatasan yang akan mempersulit perusahaan tersebut untuk berbisnis dengan perusahaan di AS.
  • Perusahaan chip asal Amerika Serikat (AS), Intel Corp, Qualcomm Inc., Xilinx Inc dan Broadcom Inc pun dikabarkan menghentikan kerja sama dengan Huawei.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dan antaranews.com dengan 8 pemberitaan, diikuti peringkat kedua liputan6.com dengan 4 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 13:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 08:00 WIB dengan total 13 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah sebaran pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh kompas.com dengan 17482 sebaran, diikuti peringkat kedua katadata.co.id dengan 265 sebaran. Selanjutnya liputan6.com dengan 228 sebaran pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR