SOROTAN MEDIA

Impor migas tinggi, Jokowi tegur Jonan dan Rini

Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna: Cermati secara detail penyebab turunnya ekspor.
Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna: Cermati secara detail penyebab turunnya ekspor. | Agung /setkab.go.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Menteri BUMN Rini Soemarno dalam Sidang Kabinet Paripurna, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (8/7) siang.

Teguruan itu terkait dengan data Badan Pusat Statistik (BPS): Ekspor Januari sampai Mei 2019, year on year, turun 8,6 persen. Impor Januari – Mei juga turun 9,2 persen. Dalam periode yang sama neraca perdagangan defisit 2,14 miliar dolar AS.

Menurut Jokowi impor migas masih gede banget. Ia minta Jonan dan Rini untuk mencermati hal tersebut, karena rem impor migas paling banyak ada di Kementerian ESDM dan BUMN.

Di sisi ekspor, presiden meminta jajarannya untuk bisa mengambil peluang. Dengan terjadinya perang dagang, dengan pengenaan tarif terhadap barang-barang produk dari Tiongkok, menurut Jokowi, ini kesempatan ekspor Indonesia untuk masuk ke Amerika besar sekali.

Ringkasan

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat kabinet paripurna di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (8/7/2019).
  • Jokowi menegur Rini dan Menteri ESDM Ignasius Jonan dalam sidang kabinet paripurna lantaran impor migas tinggi.
  • Rini menilai teguran yang disampaikan Jokowi itu untuk memacu para menteri agar lebih bekerja keras.
  • Ia pun meminta jajaran menterinya untuk berhati-hati terkait menurunnya angka ekspor dan impor.
  • Jokowi menyebut bahwa ekspor Indonesia dari Januari hingga Mei 2019 mengalami penurunan sebesar 8,6 persen dengan nilai 68,46 miliar dolar AS.
  • Neraca perdagangan pada Januari sampai Mei ada defisit 2,14 miliar dolar AS.
  • Jajaran kabinet diminta Jokowi untuk mencermati secara detail penyebab turunnya ekspor.
  • Presiden juga meminta para menterinya untuk bisa mengambil kesempatan di tengah perang dagang AS - Tiongkok. Jokowi melihat Indonesia punya peluang besar untuk mengekspor aneka produk ke Amerika.
  • Harus dirancang pemberian insentif terhadap eksportir baik yang kecil, sedang, maupun besar dan juga insentif berupa bunga.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 11 pemberitaan, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dengan 6 pemberitaan. selanjutnya liputan6.com dengan 4 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 07:00 hingga 22:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 14:00 WIB dengan total 10 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh viva.co.id dengan 6155 interaksi, diikuti peringkat kedua kompas.com dengan 637 interaksi. Selanjutnya liputan6.com dengan 197 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR