REFORMASI BIROKRASI

Infografik: 1.000 PNS akan kerja remote, sambil piknik boleh

ASUMSI | Soal contoh maslahat adalah pengandaian, tanpa dukungan data empiris dari kasus di Indonesia.
ASUMSI | Soal contoh maslahat adalah pengandaian, tanpa dukungan data empiris dari kasus di Indonesia. | Antyo® /Beritagar.id

Pemerintah berencana mengizinkan seribuan PNS bekerja secara remote. Tak harus masuk kantor. Jauh banget dari kantor pun boleh.

Dalam ilustrasi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional merangkap Kepala Bappenas Suharso Monoarfa di DPR, Jakarta, hari ini (20/11/2019), "Nanti 3 bulan bisa kerja di Raja Ampat, 3 bulan di Bali, 3 bulan di Tana Toraja. Sepanjang mereka bisa deliver pekerjaan. Orang bilang ini work vacation."

Biaya paket kapal terbang plus melancong ke dan selama di Raja Ampat, Papua Barat, selama lima hari empat malam sekitar Rp16 juta per orang – dari Jakarta. Itu taksiran tahun lalu. Sudah termasuk air kemasan, menurut detikTravel. Ragam tawaran lain bisa Anda tengok di Paket Wisata Raja Ampat.

Suharso tak memerikan apakah PNS yang dicontohkan itu bekerja di Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat.

Maslahat dan mudarat

Kerja jarak jauh, atau kerja remote, memang menjadi ciri zaman. Di Indonesia, mulai belasan tahun lalu ada saja orang teknologi informasi, dan kemudian sektor lain, yang bekerja untuk klien di luar negeri. Cukup dari rumah. Lalu bisnis di Indonesia akhirnya juga mengenal teleworking.

Bila merujuk kasus Amerika Serikat, menurut American Psychological Association bulan lalu, psikolog Timothy Golden berpendapat, karyawan dengan pekerjaan yang menuntut konsentrasi tinggi, untuk penyelesaian masalah secara tepat, membutuhkan kesempatan untuk lebih terfokus.

"Di kantor yang ramai, dengan banyak interupsi, hal itu sulit dilakukan," kata Golden.

Adapun Forbes, menurut Sean Hopwood dari dewan pengembangan bisnis, berpendapat ada maslahat dari bekerja di luar kantor. Ada efisiensi biaya bagi perusahaan. Ada peningkatan produktivitas karyawan.

Akan tetapi selembar bahan pelajaran terbuka di SMA St Paul, Bessbrook, Irlandia Utara, mengingatkan, "Seorang pekerja jarak jauh bisa merasa terisolasi karena kehilangan interaksi dengan sejawat."

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR