INDUSTRI OTOMOTIF

Infografik: Esemka mirip Changan tapi tak menjiplak

Bagi Menteri Airlangga maupun Ketua GaikindoYohanes Nangoi , sosol Esemka yang mirip Changan itu wajar. Bukan urusan menjiplak.
Bagi Menteri Airlangga maupun Ketua GaikindoYohanes Nangoi , sosol Esemka yang mirip Changan itu wajar. Bukan urusan menjiplak. | Bagus Triwibowo /Beritagar.id

Terhadap isu kemiripan mobil Esemka buatan Boyolali (Jawa Tengah) dengan Changan Star Truck bikinan Chongqing (Tiongkok), Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto punya pembelaan.

"Ini bukan soal jiplak-jiplakan tapi multisources (banyak sumber) dan banyak platform. Dan mereka punya kerja sama," kata Airlangga di Jakarta kemarin (10/9/2019).

Lantas Airlangga mencontohkan, "Dulu Proton pernah kerja sama dengan Suzuki Indonesia, sehingga impor completely knock down (CKD) dari Indonesia." Proton adalah mobil Malaysia.

Sedangkan bagi Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohanes Nangoi, "Itu hal yang normal, jadi yang penting saya lihat di sini dia pakai merek nasional, Esemka. Kemudian pembuatannya memang bertahap, akan dinaikan terus TKDN-nya di indonesia, jadi itu hal yang positif." (→ Otodriver.com)

Pekan lalu Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyarankan Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengganti mobil dinas Mercedes Benz S-Class S600 dengan Esemka.

Keesokan harinya, di Pontianak, Kalimantan Barat, Jokowi mengatakan mobil dinasnya sudah sepuluh kali mogok. Pernah ketika digerakkan mundur, mobil itu kehilangan daya.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR