DISABILITAS

Infografik: Hak disabilitas dan sosok pejabat Eva

Ada 99,2 persen disabilitas yang tak  memiliki kartu. Eva Rahmi Kasim, ASN disabilitas, jadi pejabat Kemensos bukan karena kondisinya melainkan kemampuan profesionalnya.
Ada 99,2 persen disabilitas yang tak memiliki kartu. Eva Rahmi Kasim, ASN disabilitas, jadi pejabat Kemensos bukan karena kondisinya melainkan kemampuan profesionalnya. | Bagus Triwibowo /Beritagar.id

Eva Rahmi Kasim kemarin (26/8/2019) di Jakarta dilantik sebagai pejabat di Kementerian Sosial. Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita melantik Eva sebagai pejabat pimpinan tinggi pratama.

Eva, yang kebetulan seorang penyandang disabilitas, menduduki pos baru sebagai kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial. Dia lolos seleksi lelang jabatan karena nilainya tertinggi.

Maka Agus menegaskan, penetapan Eva, "Tidak ada hubungannya dengan kondisi beliau."

Penetapan Eva ini menarik karena kesenjangan tinggi dalam pelayanan kesehatan terhadap penyandang disabilitas di Indonesia. Mayoritas penyandang disabilitas (92,2 persen) tidak mengetahui program Kartu Penyandang Disabilitas (KPD) sehingga mereka tak memilikinya.

Eva, master studi disabilitas dari Universitas Deakin, Geelong, Victoria, adalah salah satu penerima Australia Awards. Dia ingin Indonesia menjadi rumah bagi semua orang.

Alumni Tracer Study - Eva Rahmi Kasim /Australia Awards in Indonesia
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR