KESELAMATAN TRANSPORTASI

Infografik: Maka Garuda pun melarang MacBook Pro

BAHAYA | Baterai laptop MacBook Pro tertentu mudah panas lalu terbakar. Maskapai merespons pengumuman Apple dengan membatasi, termasuk melarang laptop tersebut masuk kabin maupun bagasi.
BAHAYA | Baterai laptop MacBook Pro tertentu mudah panas lalu terbakar. Maskapai merespons pengumuman Apple dengan membatasi, termasuk melarang laptop tersebut masuk kabin maupun bagasi. | Antyo® /Beritagar.id

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia melarang penumpang membawa laptop MacBook Pro Retina Display 15 inci ke dalam kabin maupun bagasi pesawat. Maklumat itu terbit kemarin (29/8/2019).

Sebetulnya tak semua MacBook Pro. Hanya seri tertentu, produksi 2015-2017 (lihat infografik). Namun pengumuman Garuda tak secara eksplisit mengatur apakah laptop yang sudah berganti baterai boleh masuk pesawat.

Garuda mengikuti maskapai lain yang lebih dulu melarang. Misalnya Singapore Airlines (25/8/2019), yang melarang laptop bermasalah tersebut masuk kabin maupun bagasi.

Ada pengecualian sih. Boleh masuk asalkan ada keterangan baterai bermasalah sudah diganti oleh Apple, produsen MacBook. Baterai bermasalah tersebut bisa panas berlebihan lalu terbakar (CultOfMac.com, 3/7/2019).

Adapun maskapai Australia Qantas dan Virgin Australia pekan ini masih membolehkan laptop bermasalah tersebut ke dalam kabin, dengan syarat tak digunakan selama penerbangan (ZDnet.com, 28/8/2019).

Sedangkan di Amerika Serikat, Federal Aviation Administration dua pekan lalu melarang laptop cap apel yang bermasalah masuk kabin maupun bagasi semua pesawat komersial (Bloomberg.com, 14/8/2019).

Selama ini FAA melarang baterai litium masuk ke bagasi namun membolehkan masuk kabin. Maka Sean Hollister, editor senior The Verge, mempertanyakan: yang dilarang itu si MacBook Pro atau baterainya?

Lalu menyusul pemutakhiran kabar, yang dilarang adalah MacBook Pro yang belum berganti baterai.

Untuk pemilik MacBook Pro bermasalah di Indonesia, Apple pada 20 Agustus lalu mengumumkan akan mengganti baterai secara gratis.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR