PILEG 2019

Infografik: Mereka, para pemimpin wakil rakyat itu

TRIVIA | Pemilu 2019 sudah selesai. Tinggal presiden yang belum dilantik. Kenali siapa saja yang memimpin DPR, MPR, dan DPD. Semoga Anda  akan hafal.
TRIVIA | Pemilu 2019 sudah selesai. Tinggal presiden yang belum dilantik. Kenali siapa saja yang memimpin DPR, MPR, dan DPD. Semoga Anda akan hafal. | Bagus Triwibowo /Beritagar.id

Jadi, Parlemen Indonesia itu siapa saja?

Menurut laman pemerintah, Indonesia.go.id, parlemen berisikan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Sampai Selasa (8/10/2019) isi laman itu belum diperbarui. Padahal mereka sudah berkantor di Kompleks Parlemen, Jl. Gatot Subroto No.6, Senayan, Jakarta 15810.

Ketua DPR masih Bambang Soesatyo (dengan anggota masih 560 orang, bukan 575). Ketua MPR masih Zulkifli Hasan (dengan empat, bukan sembilan, wakil ketua). Ketua DPD masih Oesman Sapta Odang.

Nah, sekarang lihat para pemimpin — biasa disebut pimpinan — lembaga yang mewakili rakyat itu. Semoga untuk Anda, dan putra-putri Anda yang masih bersekolah, hal itu bermanfaat.

Tentang denah Kompleks Parlemen, cukup Anda simak dari Google Maps.

Jangan meminta denah terperinci ke Sekretariat Jenderal DPR, atau lainnya yang setara, karena Anda bisa dicurigai, seperti kasus 2016.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR