74 TAHUN MERDEKA

Infografik: Panduan merah putih dan bendera si miskin

UU mengatur warna digital untuk merah bendera negara. Kalau dalam tujuhbelasan ada warga tak mampu beli bendera, pemda harus menyediakan.
UU mengatur warna digital untuk merah bendera negara. Kalau dalam tujuhbelasan ada warga tak mampu beli bendera, pemda harus menyediakan. | Antyo® /Beritagar.id

Jika dalam perayaan 74 Tahun Republik Indonesia ini ada warga yang tak memasang bendera merah putih di rumahnya, lantaran tak mampu membeli, pemerintah daerah harus menyediakan Sang Merah Putih. Harga sehelai bendera merah putih ukuran 90 x 60 cm mulai Rp20.000.

Pemda harus menyediakan bendera. Demikianlah menurut amanat Pasal 7 ayat 4 UU No. 24 Tahun 2009*.

Tentu tak hanya untuk tujuhbelasan sekarang, yang akan berpuncak lima hari lagi, tetapi juga untuk semua acara peringatan yang membutuhkan bendera.

UU tersebut, dalam penjelasannya, juga mengatur nilai warna merah secara digital. Berdasarkan warna monitor maka nilai RGB-nya adalah R = 255, G = 0, dan B = 0.

Perihal logo 74 Tahun Republik Indonesia, dalam rentang sebulan terjadi perubahan slogan. Mulanya, 24 Juni lalu, slogannya adalah "Menuju Indonesia Unggul".

Lantas 24 Juli kemudian Sekretariat Negara memaklumatkan, slogan baru: "SDM Unggul Indonesia Maju".

Entahlah bagaimana dengan barang cetakan yang telanjur dibikin dengan slogan lama. Misalnya kaus dan baliho.

Selamat memeriahkan tujuhbelasan di lingkungan Anda. Bilamana Anda membutuhkan logo resmi, sila unduh dari Google Drive.

*) Nama lengkapnya: Undang-Undang tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan

Catatan Redaksi: Infografik ini adalah pengembangan versi arsip Beritagar.id 2014 dalam 69 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR