KINERJA PLN

Infografik: Sengon, mati lampu, dan rencana PLN

Sengon jadi kambing hitam biang kerok blackout PLN. Memang sih si embek doyan daun sengon - kalau kulit batang beracun. PLN akan berbenah.
Sengon jadi kambing hitam biang kerok blackout PLN. Memang sih si embek doyan daun sengon - kalau kulit batang beracun. PLN akan berbenah. | Antyo® /Beritagar.id

Bintang perbincangan selama mati listrik di sebagian Jawa dua hari terakhir ini bukanlah lilin, senter, lampu darurat, dan genset, melainkan sengon. Ya, pohon sengon (Albizia chinensis) yang kayu basahnya berbau pesing itu.

Sebatang pohon sengon setinggi sembilan meter, di Ungaran, Jawa Tengah, menjadi terduga musabab — alias sebab dari segala sebab, intinya inti — kelumpuhan jaringan setrum Perusahaan Listrik Negara.

Sepele tapi menggelapkan banyak kota

Menurut Executive Vice President Corporate Communication dan CSR PLN I Made Suprateka hari ini (5/8/2019), "Faktanya adalah terjadi di Ungaran (Jawa Tengah), itu SUTET 500 kilovolt itu ada berdekatan dengan pohon. Nah pohon ini mencapai ketinggian 9 meter. Nah, ini menyebabkan adanya hubungan singkat itu ada kebakaran di sana namun tidak besar, kecil namun membuat jaringan rusak fatal."

Suprateka tak menyebutkan pohon sengon. Namun perlintasan kabel PLN memang melewati hamparan ladang dan sawah, termasuk kebun sengon di Ungaran, Kabupaten Semarang.

Akan tetapi Polda Jateng sudah memeriksa sebatang pohon sengon di lokasi terduga. Pohon itu terlalu tinggi, melebihi jarak aman vertikal.

Jarak kabel dan pohon

PLN sebagai pemasok setrum kemarin (4/8/2019) di Jakarta menjelaskan rencana perbaikan. Soal sengon memang tak spesifik disinggung. Namun dengan penyebutan "gangguan pohon", ilustrasinya adalah foto pohon sengon seperti yang tersiar di media sosial.

Tentu ada hal lebih besar yang akan PLN lakukan.

Perbaikan itu mencakup enam hal, tetapi kami meringkasnya jadi empat urusan, dan salah satunya adalah penegakan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 2 Tahun 2019, yang terbit Februari lalu.

Permen tersebut mengatur ruang bebas dan jarak aman kabel tegangan tegangan dengan sekitar, termasuk pohon dan bangunan.

Urusan sengon dan kambing

Lalu kaitan PLN dengan kambing? Pertama, kambing hitam sudah didapat, yakni sengon.

Kedua: permen tersebut mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan kabel saluran udara harus aman bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Tentu, kambing termasuk makhluk hidup.

Ketiga: kambing termasuk penggemar daun sengon. Tapi kambing ogah kulit ranting sengon. Kulit tersebut beracun, mengandung saponin, yang dapat mengganggu pencernaan.

Catatan Redaksi: infografik telah direvisi, "4 Agustus 2018" menjadi "4 Agustus 2019"
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR