SOROTAN MEDIA

Internet Telkom terganggu, pengguna berkicau

Warga mengakses internet sambil menunggu waktu berbuka puasa (ngabuburit) di taman digital Bustanulshalatin, Banda Aceh, Aceh, Kamis (9/5/2019).
Warga mengakses internet sambil menunggu waktu berbuka puasa (ngabuburit) di taman digital Bustanulshalatin, Banda Aceh, Aceh, Kamis (9/5/2019). | Irwansyah Putra /Antara Foto

Telkom Group mengonfirmasi bahwa telah terjadi gangguan akses internet internasional di jaringannya sehingga mempengaruhi layanan data, baik untuk Telkomsel maupun IndiHome, selama 45 menit pada Selasa (5/11/2019) pagi WIB.

VP Corporate Communication PT Telkom Indonesia menyampaikan bahwa proses perbaikan telah selesai dilakukan pada pukul 11:10 WIB. Jaringan internet milik Telkom diklaim telah kembali normal, sedangkan layanan voice dan SMS tidak terpengaruh.

Nama "Telkomsel" sempat melejit ke jajaran topik tren paling banyak dibicarakan di linimasa Twitter, pun begitu dengan kata kunci "Indihome". Setidaknya terdapat 35.200 cuitan yang membicarakan nama BUMN itu hingga pukul 12.06 WIB.

Ringkasan

  • Sepanjang Selasa (5/11/2019) pagi layanan data internet Telkomsel mengalami gangguan, hal ini menyebabkan penurunan kualitas layanan sejak pagi hingga siang.
  • Sempat mengalami gangguan, Telkomsel mengklaim bahwa akses internet dan layanan lainnya sudah kembali normal.
  • PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) menyampaikan telah terjadi gangguan akses internet internasional Telkom Group, namun proses perbaikan selesai dilakukan.
  • Gangguan yang terjadi sejak Selasa pagi tersebut dikeluhkan oleh para warganet di media sosial, Twitter, hingga menjadi topik tren.
  • Telkom saat ini memiliki 6,5 juta pelanggan IndiHome pada Juli 2019, sementara Telkomsel memiliki pelanggan sekitar 167,7 juta pada Agustus 2019.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 7 pemberitaan, diikuti peringkat kedua kompas.com dan cnbcindonesia.com dengan 4 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 03:00 hingga 15:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 05:00 WIB dengan total 9 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh kompas.com dengan 7356 interaksi, diikuti peringkat kedua cnnindonesia.com dengan 890 interaksi. Selanjutnya seputarpapua.com dengan 195 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR