PELANTIKAN KEPALA NEGARA

Istana siapkan 39 Mercedes Benz untuk tamu negara

Deretan mobil sewaan untuk tamu negara pada agenda pelantikan Joko "Jokowi" Widodo-Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI, di halaman Istana Negara, Jakarta, Kamis (17/10/2019)
Deretan mobil sewaan untuk tamu negara pada agenda pelantikan Joko "Jokowi" Widodo-Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI, di halaman Istana Negara, Jakarta, Kamis (17/10/2019) | Ronna Nirmala /Beritagar.id

Pihak otoritas protokol kepresidenan bakal memastikan kenyamanan dan keamanan para tamu negara yang diundang hadir dalam acara pelantikan Joko “Jokowi” Widodo-Ma’ruf Amin, Minggu 20 Oktober 2019.

Kenyamanan meliputi satu unit kendaraan merek Marcedes Benz bagi tiap pejabat tinggi negara berikut kamar di hotel berbintang 5 di kawasan Senayan, Jakarta Selatan. Adapun untuk keamanan, para tamu akan dikawal oleh pasukan pengaman presiden (paspampres).

Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono menyebut ada 39 mobil Mercedes Benz yang disiapkan. Tipenya antara S450 untuk sebanyak 11 unit (plus satu cadangan), E300 sebanyak 13 unit, E250 sebanyak empat unit, dan E200 sebanyak 200 unit.

“Tentunya semua yang kami siapkan adalah kendaraan brand new. Jadi ada S450 untuk kepala negara dan selevel atau utusan itu (menggunakan) E300,” kata Heru, di halaman Istana Negara, Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Selain Mercy, Istana juga menyiapkan kendaraan pendukung, di antaranya 18 unit Alphard, sembilan unit Toyota Camry, dan 27 unit Toyota Fortuner.

Heru memastikan keseluruhan kendaraan itu bukan pengadaan (pembelian) baru. Pihak Istana menyewanya dengan biaya mencapai Rp1 miliar untuk 18 unit Mercedes Benz tipe E450 dan E300—berikut empat cadangan—selama empat hari pemakaian.

Sisanya, disiapkan menggunakan kendaraan tipe sama yang dimiliki oleh Sekretariat Kepresidenan.

Mobil akan beroperasi mulai dari penjemputan, baik di Bandara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng maupun Bandara Halim Perdana Kusumah, menuju hotel, hingga Gedung MPR RI.

Beberapa mobil Mercedez Benz yang sudah diberi pelat sesuai negara asal para tamu dipajang di halaman Istana Negara, Jakarta, Kamis (17/10/2019).
Beberapa mobil Mercedez Benz yang sudah diberi pelat sesuai negara asal para tamu dipajang di halaman Istana Negara, Jakarta, Kamis (17/10/2019). | Ronna Nirmala /Beritagar.id

Rangkaian penjemputan bakal terdiri dari sembilan sampai 12 kendaraan bermotor. “Pengamanan sudah mulai diperketat sejak hari ini. Kan ada (tamu) yang sudah datang,” kata Heru.

Untuk hotel, para tamu sudah disiapkan kamar di antaranya di Hotel Fairmont Senayan, Hotel Sultan, Hotel Mulia Senayan, Hotel Four Seasons, Hotel Mandarin, dan Hotel Grand Hyatt.

“Semua hotel sih boleh-boleh saja. Tetapi kan kami harus mempertimbangkan waktu yang sempit untuk semua kepala negara masuk ke Gedung MPR. Maka yang kami rekomendasikan yang di sekitar gedung MPR,” jelas Heru.

Adapun kepala negara yang telah terkonfirmasi hadir di antaranya Filipina, Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Australia, dan Myanmar.

Wakil presiden yang terkonfirmasi hadir yakni dari Tiongkok dan Vietnam. Thailand mengirim deputi tingginya. Sementara, Amerika Serikat (AS) dan Laos mengirim utusannya.

Untuk kepala negara/utusan yang berhalangan hadir bakal disediakan waktu untuk melakukan percakapan jarak jauh (courtesy call) dengan Jokowi, sebelum dan sesudah pelantikan.

“Ya dibagi dua mungkin. Kan terlalu banyak ya. Courtesy call sebagian sebelum, dan sebagian sesudah. Itu sedang disusun dengan Kementerian Luar Negeri. Mungkin besok pagi baru fix-nya,” tukas Heru.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR