Istri Donald Trump menuai cemooh karena dugaan plagiat

Donald Trump bersama istrinya Melania, setelah menyampaika pidato di hadapan peserta konvensi Partai Republik, Cleveland, Ohio, Amerika Serikat (18 Juli 2016).
Donald Trump bersama istrinya Melania, setelah menyampaika pidato di hadapan peserta konvensi Partai Republik, Cleveland, Ohio, Amerika Serikat (18 Juli 2016). | Michael Reynolds /EPA

Istri Donald Trump, Melania Trump jadi sorotan publik Amerika Serikat setelah berpidato dalam konvensi Partai Republik, di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat, Senin (18/7/2016).

Melania berbicara di konvensi Partai Republik guna mendukung pencalonan suaminya menuju Pemilihan Presiden AS 2016. Adapun sorotan publik dipicu oleh tudingan bahwa perempuan 46 tahun itu telah menjiplak pidato ibu negara AS, Michelle Obama.

Sejumlah baris dalam pidato Melania disebut identik dengan orasi Michelle, ketika berbicara di depan konvensi Partai Demokrat pada 2008 --guna mendukung suaminya Barack Obama dalam Pilpres AS 2008.

Kemiripan isi pidato itu bisa disimak di artikel: " Melania Trump diduga curi isi pidato Michelle Obama."

Sejak kemiripan pidato itu terendus pengguna Twitter, Jarret Hill (@JarrettHill), Melania kebanjiran cemooh di media sosial.

Salah satu yang tampak menonjol adalah aktivitas tagar #FamousMelaniaTrumpQuotes. Di tagar itu, para pengguna Twitter memarodikan pidato Melania, dan menyebar gambar-gambar lucu.

Respons juga datang dari mantan penulis pidato Obama, Jon Favreau. Ia menyebut kemiripan isi pidato itu menunjukkan bahwa tim kampanye Trump (secara tidak langsung) telah menyontek kampanye pesaingnya dari Partai Demokrat, Hillary Clinton.

Pasalnya, kata Favreau, pidato yang dicontek Melania merupakan hasil kreasi Sarah Hurwitz, yang bekerja sebagai penulis pidato-pidato Michelle. Menariknya, sebelum bekerja di gedung putih, Hurwitz merupakan penulis pidato untuk kampanye Hillary Clinton dalam proses pencalonan diri sebagai Presiden AS (2008).

Favreau juga menyindir dengan menyebut bahwa Michelle --seperti halnya Obama-- kerap menulis sendiri pidatonya pada musim Pilpres AS 2008. Agaknya ia meragukan bahwa pidato Melania disusun seorang diri.

Berikut sejumlah respons netizen atas kemiripan pidato Melania dan Michelle.

Klarifikasi tim kampanye Trump

Di sisi lain, Melania membantah tudingan plagiat yang ditujukan kepadanya. Dalam wawancara dengan NBC, Melania mengaku menulis sendiri pidato tersebut dengan sedikit bantuan dari timnya.

Klarifikasi juga datang dari Jason Miller, penasehat komunikasi di tim kampanye Trump. Meski begitu, klarifikasi tersebut tidak memuat permohonan maaf atau pun pengakuan atas tudingan plagiat.

"Guna menulis pidato yang memikat, tim penulis Melania menulis catatan tentang inspirasi hidupnya, dalam beberapa fragmen termuat pula cerminan pemikirannya sendiri. Pengalaman Melania sebagai imigran dan cintanya terhadap Amerika terpancar dalam pidatonya yang menuai sukses," demikian pernyataan Miller.

Sekadar informasi, Melania adalah istri ketiga Trump. Ia lahir pada 26 April 1970, di Sevnica, satu wilayah Yugoslavia yang kini masuk teritori Slovenia.

Perjalanan karir profesionalnya banyak dihabiskan di dunia model, yang dirintisnya sejak usia belasan. Semasa aktif sebagai model, wajahnya acap kali menghiasi sampul majalah, antara lain New York Magazine, Vanity Fair, dan Vogue.

Sports Illustrated juga pernah memuat pose Melania mengenakan bikini. Pun Melania sempat nampang di majalah pria dewasa, FHM (Desember 2000).

Pemilik nama gadis Melania Knauss itu menikah dengan Donald Trump pada 22 Januari 2005. Dari pernikahannya bersama taipan properti itu, Melania memiliki anak laki-laki, Baron Trump (10).

BACA JUGA