PILPRES 2019

Isu hoaks dan dana kampanye dalam pilpres sepekan

Grafik jumlah pemberitaan antara Jokowi (biru) dan Prabowo (merah) selama periode 31 Desember 2018-4 Januari 2019.
Grafik jumlah pemberitaan antara Jokowi (biru) dan Prabowo (merah) selama periode 31 Desember 2018-4 Januari 2019. | Lokadata /Beritagar.id

Pemilu Serentak 2019 tinggal menyisakan sekitar 100 hari lagi sebelum pencoblosan pada 17 April 2019. Dalam kancah pemilihan presiden, sepekan ini dua pasangan calon (paslon) terpantau dilingkupi sejumlah isu hoaks; khususnya isu surat suara tercoblos.

Sepanjang 31 Desember 2018-4 Januari 2019, analisis konten oleh mesin Lokadata Beritagar.id terhadap lebih dari 800 media daring di Indonesia, menemukan hampir 10 ribu berita yang menyebut para kandidat presiden dalam Pemilu 2019.

Isu-isu seputar Joko "Jokowi" Widodo terpantau mencapai 6.604 artikel di media daring. Tiga media paling banyak memuat adalah Tribunnews dengan 842 artikel; Antaranews 747 artikel; dan Detikcom 449 artikel.

Sedangkan yang menyebut Prabowo Subianto, terdapat dalam setidaknya 3.216 artikel. Tribunnews paling banyak memberitakan dengan 445 artikel. Lalu Detikcom 279 artikel, dan Antaranews 252 artikel.

Kedua tokoh ini tak hanya muncul dalam berita politik, tapi juga dalam kategori lain seperti Peristiwa, Bisnis dan Ekonomi, serta Kesehatan. Prabowo muncul dalam berita kesehatan, misalnya, lantaran menyebut selang transfusi darah di RSCM Jakarta dipakai ulang hingga 40 kali.

Berikut rangkumam berita yang paling banyak menyebut nama-nama capres tersebut.

Ketua KPU Arief Budiman (ketiga kiri) bersama Komisioner Bawaslu Fritz Edward Siregar (keempat kanan) tiba di Gedung Mina Bahari untuk melapor ke Bareskrim Polri di Gambir, Jakarta, Kamis (3/1/2019)
Ketua KPU Arief Budiman (ketiga kiri) bersama Komisioner Bawaslu Fritz Edward Siregar (keempat kanan) tiba di Gedung Mina Bahari untuk melapor ke Bareskrim Polri di Gambir, Jakarta, Kamis (3/1/2019) | Hafidz Mubarak A. /Antara Foto

Hoaks surat suara Pilpres

Hoaks mengenai tujuh kontainer surat suara pemilu yang sudah tercoblos tersebar melalui sejumlah platform, seperti YouTube dan WhatsApp. Hoaks itu berupa rekaman suara seorang lelaki yang menyatakan ada 7 kontainer surat suara telah tercoblos.

Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat Humas Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo kasus itu merupakan delik umum, sehingga dapat diproses tanpa adanya persetujuan dari yang dirugikan. Bareskrim Polri akan bertindak secara profesional dan obyektif termasuk terhadap akun-akun pemilik media sosial yang menyebarkan hoaks tersebut.

Salah satu yang mempertanyakan, dan membuat isu ini ramai adalah Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief, yang mengunggah melalui akun Twitter-nya, @AndiArief_. Demokrat dalam Pilpres ini mendukung capres Prabowo Subianto. Nama Prabowo pun terseret dalam perbincangan tentang isu ini.

Setidaknya ada 145 sub topik dengan lebih dari 1.000 berita dari pelbagai media yang membahasnya dalam periode sepekan terakhir.

Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno menyampaikan presentasi laporan dana kampanye di media center pemenangan Prabowo-Sandi di Jalan Sriwijaya, Jakarta, Senin (31/12/2018)
Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno menyampaikan presentasi laporan dana kampanye di media center pemenangan Prabowo-Sandi di Jalan Sriwijaya, Jakarta, Senin (31/12/2018) | Galih Pradipta /Antara Foto

Pelaporan dana kampanye

Rabu (2/1/2019) adalah batas akhir pelaporan dana kampanye bagi pasangan capres dan cawapres, juga partai politik peserta pemilu 2019. Dana kampanye untuk paslon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 dan 02, jadi sorotan.

Menurut data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jokowi dan Prabowo mengumpulkan dana kampanye yang hampir sama jumlahnya. Jokowi memperoleh sumbangan Rp44,1 miliar. Sedangkan Prabowo mendapat Rp54,1 miliar.

Hanya saja, 97 persen dana kampanye Prabowo dan Sandiaga Uno, diperoleh dari kantong mereka sendiri. Sandiaga menyumbang Rp39,5 miliar (73,1 persen), Prabowo Rp13,05 miliar (24,2 persen).

Setidaknya terdapat 77 sub topik dari 500-an berita yang membahas laporan dana kampanye ini, dan sebagian besar berfokus pada dana kampanye pilpres.

Presiden Joko Widodo (kanan) meninjau lokasi terdampak tsunami Selat Sunda di Desa Way Muli, Rajabasa Lampung Selatan, Lampung, Rabu (2/1/2019)
Presiden Joko Widodo (kanan) meninjau lokasi terdampak tsunami Selat Sunda di Desa Way Muli, Rajabasa Lampung Selatan, Lampung, Rabu (2/1/2019) | Wahyu Putro A. /Antara Foto

Janji relokasi korban tsunami di Lampung

Nama Jokowi sepekan ini banyak disebut dalam kunjungannya ke Lampung, Rabu (2/1/2019). Sebagai Presiden, Jokowi mengintruksikan jajaran bawahannya segera merelokasi korban tsunami dan merekontruksi bangunan yang rusak dalam tiga bulan.

"Jadi tidak ada tahap sementara, kita langsung akan rekonstruksi dan pembangunannya. Mengenai nilai dari pembangunannya, sama seperti di NTT dan Palu, Sulawesi Tengah," kata Jokowi usai meninjau Desa Kunjir dan Way Muli, Lampung Selatan.

Pemerintah sudah menyiapkan tanah seluas 2 hektare untuk relokasi rumah korban tsunami di Desa Wai Muli. Lokasi pembangunan hunian baru tidak jauh dari Desa Wai Muli, jaraknya sekitar 400 meter.

Dalam bencana tsunami yang melanda Selat Sunda akhir Desember silam, setidaknya terdapat 55 bangunan yang rusak ringan, 38 bangunan rusak sedang dan 403 bangunan rusak berat di Kecamatan Rajabasa.

Setidaknya 25 sub topik menjadi laporan pelbagai media daring dari 500-an pemberitaan tentang kunjungan Jokowi ke Lampung Selatan ini.

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie (kanan) didampingi Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni (kiri) ketika menghadiri Festival 11 di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (11/12/2018)
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie (kanan) didampingi Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni (kiri) ketika menghadiri Festival 11 di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (11/12/2018) | M Risyal Hidayat /Antara Foto

"Kebohongan Award" dari PSI

Nama Prabowo melambung gara-gara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memberinya penghargaan "Kebohongan Award". Setidaknya ada lima sub topik yang membahasnya, dari 400-an berita media daring sepekan ini.

Piagam itu diberikan kepada Prabowo Subianto, Sandiaga S. Uno, dan Andi Arief. Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni mengatakan, award itu sebagai respons kebohongan politik kubu oposisi yang sangat berbahaya.

"Tahun politik sangat berbahaya, ini tsunami kebohongan luar biasa. Ini harus diantisipasi," kata Antoni di kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Jumat (4/1).

Ketua DPP PSI, Tsamara Amany ‎menjelaskan tiga kebohongan dimaksud adalah, pertama soal pernyataan Prabowo terkait penggunaan selang darah di RSCM. PSI menyebut pernyataan capres nomor urut 02 itu sebagai "Kebohongan Terlebay".

Lalu penghargaan "Kebohongan Hakiki" diberikan kepada Sandiaga Uno, karena menyebarkan kabar pembangunan tol tanpa utang. Ketiga, diberikan kepada Andi Arief, bertajuk "Kebohongan Terhalu". Penghargaan itu diberikan karena kicauan Andi di Twitter tentang kabar tujuh kontainer surat suara yang telah tercoblos.

Kepala Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean, mengancam akan melaporkan Ketua Umum (PSI) Grace Natalie dan Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni karena "penghargaan" kepada kader partainya, Andi Arief.

Menurut Ferdinand, laporan akan langsung dibuat begitu Divisi Advokat dan Bantuan Hukum Partai Demokrat mendapat izin dari Andi Arief.

BACA JUGA