Iwa K tak lagi 'bebas', dan kontroversi pemilik inisial Y

Rapper Iwa K dikawal petugas seusai menjalani proses assessment di Balai Laboratorium Narkoba BNN, Cawang, Jakarta, Selasa (2/5).
Rapper Iwa K dikawal petugas seusai menjalani proses assessment di Balai Laboratorium Narkoba BNN, Cawang, Jakarta, Selasa (2/5). | Indrianto Eko Suwarso /Antara Foto

Mariyuana membawa Iwa Kusuma, 46 tahun, tak lagi sebebas dan selepas lagunya, "Bebas". Pelopor musik rap di Indonesia itu pada akhir April berurusan dengan pihak keamanan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta karena ketahuan mengantongi tiga linting ganja.

Di hadapan petugas, Iwa K, demikian nama masyhur sang penyanyi, mengakui kepemilikan atas barang itu, yang dipertegas dengan hasil tes kemih. Dalam keterangan lanjutan, dia mengatakan telah memakainya dua bulan belakangan.

Selain menyebut ihwal kebiasaan itu, Iwa K pun membeber pemasok kandungan lintingan dengan berat 1,4 gram yang berinisial Y.

Kepolisian meringkus Y tak lama setelah peristiwa di Terminal 1A tersebut. Tribunnews.com mewartakan, mengutip Kepala Satuan Narkoba Polresta Bandara Soekarno-Hatta, Komisaris Martua Silitonga, bahwa pihak berwenang "menangkap dia kemarin malam (Senin, 1/5)".

Martua mengatakan Y dibekuk "di tempat persembunyiannya" di Jakarta Selatan setelah "sempat melarikan diri (dan) berpindah-pindah tempat".

Menurut Martua, Y telah berkawan lama dengan Iwa K, tapi "menawarkan kepadanya baru sekali itu". Namun, Tempo.co menulis, dengan mengutip sumber yang sama, bahwa Iwa K baru mengenal Y beberapa bulan silam. Sejak pertemanan terjahit, Iwa K mulai mencandu dengan dalih "untuk persahabatan dengan Y".

Spekulasi mengenai identitas berinisial Y mengapung. Bidikan tak urung diarahkan pula ke Young Lex, rapper muda penembang "O Aja Ya Kan". Ketika Liputan6.com menanyakan perihal itu, Young Lex menampiknya.

"Ha-ha-ha, itu (inisial) belakangnya apa sih? Ya biarin aja lah. Gue pas tahu kabar itu lagi di Bogor, lagi photoshoot," katanya, Selasa (2/5).

Pada kesempatan itu, Young Lex pun mengatakan "dari gue sih penginnya enggak ada kayak gini, pengin (Iwa K) tetap berkarya".

Seturut Kompas.com, Selasa (2/5), Young Lex mengatakan tak menyalahkan siapa pun, karena perkara yang membelit Iwa K "balik ke pribadi masing-masing".

Dia pun sempat menukil perkataan pengacara Iwa K yang berkomentar bahwa sosok disebut belakangan korban. "Yang harusnya dimusuhin itu bukan korbannya, tapi bandarnya," ujarnya.

Young Lex dan Iwa K di masa yang lalu pernah dikabarkan terlibat perselisihan. Pemicu sengketa adalah pernyataan Young Lex dalam wawancara dengan metrotvnews.com pada Oktober 2016 yang mempersoalkan posisi Iwa K di belantika musik tanah air.

Saat itu, menjawab pertanyaan mengenai rapper Indonesia yang pantas disebut legenda, Young Lex mengatakan "belum ada". Balasan pun tak berhenti di situ. Dia bilang, "sorry to say, bahkan Iwa K dianggap legend karena terkenal duluan, tetapi bukan karena skill".

Pemilik nama disinggung itu beberapa hari kemudian merespons dengan menulis di akun Path. Dalam salah satu bagian tanggapannya, Iwa K menulis, seperti dikutip Bintang.com:

"Bukannya gak ngehargain media, tapi untuk urusan kayak kayak gini, dari dulu gua terbiasa untuk beresin di luar jangkauan kamera atau media, kalau situ mungkin ngerasa ada yang harus diselesaikan ke gua sebagai pribadi, atau mungkin sebagai laki-laki? Ummm, itu sangat gua tunggu sih".

Bulan berikutnya pada Desember, Young Lex lewat akun Instagram pun--ditulis Bintang.com--menembakkan maaf ke arah Iwa K:

"Gue sangat mengakui gue salah, dan gue minta maaf sama Kang Iwa K dan semua yang merasa tersakiti atas kearogansian kata-kata gue pada saat interview dengan sebuah media online".

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR