SOROTAN MEDIA

Izin ormas FPI belum tentu diperpanjang

Ilustrasi: Massa Front Pembela Islam (FPI) saat melakukan orasi.
Ilustrasi: Massa Front Pembela Islam (FPI) saat melakukan orasi. | Novrian Arbi/aww /ANTARA FOTO

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, tidak bisa menjamin izin ormas Front Pembela Islam (FPI) bakal diperpanjang. Seperti diketahui, Surat Keterangan Terdaftar (SKT) FPI habis masa belarkuknya sejak 20 Juni 2019.

Kepada wartawan di Istana Kepresidenan (24/62019), Tjahjo menjelaskan, saat ini Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum tengah mengevaluasi SKT yang diajukan FPI.

Evaluasi dilakukan oleh tim terhadap setiap ormas yang kembali mengajukan SKT. Butir penting yang dilihat adalah AD/ART serta komitmennya terhadap Pancasila dan NKRI.

Sugito Atmo Prawiro, Ketua Bantuan Hukum FPI, optimistis Kemendagri akan memperpanjang izin ormas FPI. Menurut dia tidak ada alasan untuk menolak perpanjangan SKT FPI. Seperti ormas yang lain FPI punya hak untuk hidup dan tumbuh.

Ringkasan

  • Fron Pembela Islam (FPI) telah mengajukan perpanjangan Surat Keterangan Terdaftar sebagai ormas ke Kementerian Dalam Negeri.
  • SKT FPI habis masa berlakunya pada 20 Juni 2019.
  • Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum sudah membentuk tim untuk mengevaluasi dokumen SKT yang diajukan FPI.
  • Poin penting yang dievaluasi menyangkut Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, serta komitmen FPI terhadap NKRI dan Pancasila.
  • Hasil evaluasi akan menentukan apakah SKT FPI diperpanjang atau tidak.
  • Ketua Bantuan Hukum FPI, Sugito Atmo Prawiro optimistis SKT FPI akan diperpanjang.
  • Jika SKT FPI tidak diperpanjang karena persoalan politik, Sugito akan memperkarakan secara hukum.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 10 pemberitaan, diikuti peringkat kedua medcom.id dan liputan6.com dengan 2 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 08:00 hingga 22:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 14:00 WIB dengan total 11 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh tempo.co dengan 1452 interaksi, diikuti peringkat kedua viva.co.id dengan 126 interaksi. Selanjutnya suara.com dengan 62 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR