JAKARTA FAIR 2019

Jakarta Fair patok target transaksi Rp7,5 T dari 6,8 juta orang

Sejumlah warga mengunjungi arena Jakarta Fair 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (22/5/2019). Jakarta Fair 2019 akan berlangsung hingga 30 Juni. Diikuti 2.700 peserta dengan 1.500 stan pameran yang menjual dan memamerkan produknya.
Sejumlah warga mengunjungi arena Jakarta Fair 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (22/5/2019). Jakarta Fair 2019 akan berlangsung hingga 30 Juni. Diikuti 2.700 peserta dengan 1.500 stan pameran yang menjual dan memamerkan produknya. | Reno Esnir /ANTARA FOTO

Jakarta Fair Kemayoran (JFK) dihelat mulai 22 Mei sampai 30 Juni 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Pameran multiproduk yang digelar tiap tahun ini siap jadi tempat orang "buang" THR. Target nilai transaksi pun naik sekitar 3 persen dibanding JFK 2018.

"Target transaksi sebesar Rp7,5 triliun dalam lima pekan penyelenggaraan, meningkat seiring jumlah pengunjung yang juga naik," kata Marketing Director PT JIExpo, Ralph Scheunemann, Minggu (26/5).

Sementara, target pengunjung JFK tahun ini dipatok 6,8 juta orang. Naik 100 ribu pengunjung dibanding tahun sebelumnya.

Tahun 2018, JFK atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) dikunjungi 6,7 juta orang. Gubernur Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, nilai transaksi tahun 2018 mencapai Rp7,3 triliun. Nilai ini meningkat 10,61 persen dibandingkan 2017 yang mencapai Rp6,6 triliun.

Nilai transaksi JFK terus meningkat selama enam tahun terakhir. Apa saja "amunisi" penyelenggara untuk mewujudkan target?

Pada JFK ke-52 ini, ada 2.700 perusahaan dan 1.500 stan yang bisa dikunjungi. Berbagai sektor industri seperti otomotif sampai kuliner bisa ditemukan dalam pameran multiproduk ini.

Tersedia pula berbagai pilihan produk teknologi, elektronik, olahraga, mode dan garmen, peralatan rumah tangga, furnitur, industri kreatif, kerajinan tangan, herbal dan obat-obatan, perbankan, produk jasa, hingga kosmetik.

"Masyarakat sudah banyak yang mendapat THR, itu menjadi faktor bagi masyarakat datang ke Jakarta Fair dan membelanjakan uangnya. JFK akan memberikan dampak yang besar bagi pertumbuhan perekonomian di Jakarta," kata Scheunemann.

Tahun ini, penyelenggaraan JFK berbarengan dengan musim libur Lebaran, juga Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke-492 pada 22 Juni. Pengunjung cukup membeli tiket per orang Rp25 ribu untuk weekdays dan Rp30 ribu untuk weekend atau hari libur.

Jam operasional Senin-Kamis mulai pukul 15.30-22.00 WIB, Jumat 15.30-23.00 WIB, Sabtu-Minggu atau hari libur nasional pukul 10.00-23.00 WIB.

Menjelang hari raya, tepatnya Kamis (30/5) hingga Senin 3 Juni, JFK buka mulai pukul 10.00 hingga 23.00 WIB. Pada hari Lebaran, (5/6), Jakarta Fair buka mulai pukul 14.00-23.00. Sedangkan mulai 6-9 Juni buka mulai pukul 10.00-23.00 WIB.

Menghibur pengunjung, sederet musisi dari berbagai genre juga disiapkan penyelenggara. Setiap hari, ada musisi yang mengisi panggung di JFK.

Mulai dari Slank, Sheila On 7, Padi Reborn, Superman is Dead, Tony Q, Fourtwenty, Burger Kill, Endank Soekamti, Maliq & D'essentials, Naif, Ari Lasso, hingga Ayu Tingting.

Ajang tahunan hasil kerja sama PT Jakarta International Expo (JIExpo) dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini turut mengakomodasi pehobi swafoto. Pesta lampion Jakarta City of Light pun digelar di Gambir Expo.

Pengunjung bisa masuk dari pintu 9, menyusuri Hall A, belok kanan dekat panggung utama di ujung bangunan. Lokasi berada di sekeliling danau Gambir Expo.

Di sebelah danau ini, JFK menghadirkan wahana Snow Park. Pengunjung bisa bermain di sebuah ruangan dipenuhi es dan salju buatan.

Pengunjung harus mengenakan kaos kaki dan sepatu bot untuk menikmati wahana permainan ini. Tiket tambahan berupa 20 token, dibanderol Rp110 ribu untuk wahana Snow Park.

Penikmat kuliner bisa mencicipi berbagai sajian di lima zona khusus kuliner. Ada area Pasar Malam di area pintu masuk, Kampung Betawi di Gambir Expo dan Resto Expo, Pucuk Coolinary di belakang Hall D, Jajan Milenial di area Open Space, dan area Gambir Expo.

Untuk mengangkut pengguna transportasi umum ke JFK, PT Transjakarta menyediakan empat rute khusus menuju JIEkpo Kemayoran. Rute khusus ini akan beroperasi selama perhelatan JFK berlangsung.

Rute 2C dari Halte Monas, Rute PRJ1 dari Halte PGC (Pusat Grosir Cililitan) 1, Rute PRJ2 dari Halte Kampung Melayu, dan Rute PRJ3 dari Halte Pulogadung 1. Harga tiket yang berlaku pun sama Rp3.500 per orang.

Pengunjung juga bisa naik KRL Commuterline, turun di Stasiun Rajawali. Jarak dari Stasiun Rajawali ke arena JFK sekitar 2 kilometer bisa ditempuh dengan ojek atau taksi.

Soal keamanan, pihak penyelenggara memastikan pengunjung tak perlu risau. Lebih dari 1.000 personel tim keamanan gabungan yang terdiri dari Polri dan TNI siap mengamankan perhelatan ini.

Dahulu, orang mengenal JFK dengan sebutan Pekan Raya Jakarta (PRJ). Perhelatan akbar ini sudah digelar sejak 1968.

Inspirasinya dari pasar malam Belanda. Pada era kepemimpinan Gubernur Ali Sadikin, JFK mulai dihelat setiap tahun menyambut HUT DKI Jakarta.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR