BELANJA KITA

Jakarta pilih pakaian, NTT makanan pokok

Perbandingan belanja makanan pokok dengan pakaian dan perawatannya periode 2008-2017.
Perbandingan belanja makanan pokok dengan pakaian dan perawatannya periode 2008-2017. | Lokadata Beritagar.id /Susenas BPS

Orang Jakarta, dibandingkan dengan penduduk lain di wilayah Indonesia, termasuk paling doyan belanja pakaian. Kecenderungan itu terlihat dari data Survei Sosial Ekonomi Nasional 2008, 2013 dan 2017, Badan Pusat Statistik (BPS) yang diolah Lokadata Beritagar.id.

Alokasi belanja pakaian warga Jakarta itu jauh di atas rata-rata nasional Rp33 ribu per orang setiap bulan. Beberapa daerah ada yang warganya mengalokasikan belanja pakaian lebih besar dari rata-rata nasional, tetapi tidak melebihi belanja pakaian beserta perawatannya.

Penduduk DKI Jakarta dapat menghabiskan duit Rp57 ribu per orang setiap bulan buat pakaian berikut pemeliharaannya, sedikit melebihi belanja makanan pokok Rp56 ribu.

Sebaliknya, bagi warga NTT, biaya belanja pakaian tak begitu penting. Mereka hanya mengalokasikan Rp15.915 per orang setiap bulannya untuk pakaian. Warga NTT lebih memilih belanja makanan pokok dengan mengalokasikan Rp112.275 per orang setiap bulannya.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR