PENERIMAAN CPNS

Jatah besar sarjana pendidikan guru SD pada tes CPNS

Massa yang tergabung dalam Forum pegawai honorer se-Kabupaten Ciamis menggelar unjuk rasa di Pendopo, Ciamis, Jawa Barat, Rabu (17/9/2018).
Massa yang tergabung dalam Forum pegawai honorer se-Kabupaten Ciamis menggelar unjuk rasa di Pendopo, Ciamis, Jawa Barat, Rabu (17/9/2018). | Adeng Bustomi /Antara Foto

Sejak dibuka pada 26 September 2018, situs Badan Kepegawaian Negara (BKN) terus diserbu pengunjung. Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) itu telah menyihir jutaan orang, bergegas untuk mendaftar. Lulusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) terbanyak dibutuhkan.

Tahun ini pemerintah menyiapkan 238.015 kursi CPNS yang disebar di 76 instansi pusat dan 525 di daerah. Lowongan CPNS dibuka untuk jenjang SMA sederajat, Diploma, S1, S2 dan profesi. Pendaftaran, akan berakhir pada 10 Oktober 2018.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menyebutkan, kuota yang diterima pada seleksi penerimaan pegawai negeri sipil 2018 seluruh Indonesia itu terbesar dalam seleksi penerimaan PNS selama ini.

Berdasarkan data Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) Badan Kepegawaian Negara (BKN) per 26 September 2018 lowongan CPNS yang terdata sebesar 93.280 formasi dan akan terus berubah.

Lokadata Beritagar.id membandingkan banyaknya jatah CPNS dengan minat calon mahasiswa pada seleksi bersama masuk perguruan tinggi (SBMPTN) 2018. Perbandingan itu merujuk pada jumlah lowongan CPNS yang memberi jatah paling besar (67.294 per 26 September) untuk sarjana.

Pada SBMPTN 2018, jurusan yang paling banyak peminatnya adalah Manajemen, Akuntansi, Hukum, Kedokteran, Teknik Informatika, dan Ilmu Komunikasi. Dari keenam jurusan itu, sarjana Hukum dan Manajemen yang mendapat kuota terbesar pada lowongan CPNS.

Jatah CPNS untuk keenam jurusan favorit itu jauh di bawah lowongan guru sekolah dasar atau lulusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Jurusan PGSD yang pada SBMPTN berada pada peringkat 7 dengan peminat sebanyak 182.495, ada di urutan pertama dalam daftar lowongan terbanyak.

Perbandingan lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan program studi favorit dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2018. Data diolah pada 26 September 2018.
Perbandingan lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan program studi favorit dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2018. Data diolah pada 26 September 2018. | Lokadata Beritagar.id /BKN/SBMPTN

"Ada tiga program studi latar belakang pendidikan pelamar berdasarkan urutan terbanyak, yaitu PGSD, Kebidanan, dan Manajemen," kata kepala Biro Humas, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan dalam keterangan tertulisnya.

Berdasarkan data Kemenpan dan RB, terdapat 122.000 guru dan dosen yang dibuka tahun ini. Dari total formasi guru dan dosen itu, formasi khusus guru 88.000 untuk guru kelas dan guru mata pelajaran di instansi pemda, 12.000 untuk guru madrasah di Kementerian Agama, dan 14.454 untuk dosen di Kemenag dan Kemenristekdikti.

"Kebutuhan guru itu hampir 1 juta. Angka 122.000 (formasi CPNS guru dan dosen) itu ter lalu kecil. Itu masih kurang," kata Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) Muhammad Ramli Rahim dikutip Okezone.

Berdasarkan Data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), sekolah negeri masih memerlukan 733 ribu guru di tingkat SD, SMP, dan SMA.

Angka kebutuhan guru itu masih relatif jauh dengan formasi penerimaan CPNS tahun ini. Seharusnya, kata Ramli, pemerintah membuka 95 persen formasi CPNS 2018 hanya untuk guru dan tenaga kesehatan. Menurut Ramli, pemerintah semestinya tidak perlu membuka penerimaan tenaga administrasi yang dinilainya tidak mendesak.

Demi status pegawai negeri, pusat atau daerah

Pegawai negeri sipil sebagai bagian dari aparatur sipil negara, masih menyisakan magis bagi masyarakat. Daya pikat status pegawai negeri itu diperkuat hasil kajian Pusat Kajian Reformasi Administrasi, Lembaga Administrasi Negara.

Hasil sigi lembaga ini memperlihatkan bahwa pegawai negeri masih menjadi profesi idaman bagi mahasiswa Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Instansi pemerintah menjadi pilihan sebagai tempat bekerja karena alasan job security. Alasan lainnya adalah gaji, prestise, pengabdian, jaminan hidup, dan hasrat atau passion.

Para mahasiswa dalam survei itu banyak yang memilih pegawai negeri di level pusat, seperti kementerian dan lembaga.

Pada 2018 ini, ada 63 kementerian dan lembaga yang membuka lowongan CPNS dengan total 19.943 formasi per 26 September.

Kementerian Agraria dan Tata Ruang membuka lowongan terbanyak yaitu 1.700 kursi, 999 di antaranya khusus untuk sarjana. Lowongan terbesar bagi sarjana berada di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebesar 1.000 orang.

Lowongan profesi tertinggi ada di Kementerian Kesehatan yaitu 739 lowongan. Adapun untuk jenjang SMA sederajat Kementerian Perhubungan membuka lowongan tertinggi sebanyak 466 lowongan.

Jumlah lowongan CPNS pada kementerian dan lembaga per 26 September 2018.
Jumlah lowongan CPNS pada kementerian dan lembaga per 26 September 2018. | Lokadata Beritagar.id /BKN

Pada level Pemerintah Daerah (provinsi dan kabupaten/kota) ada 243 Pemerintah daerah yang membuka lowongan CPNS dengan total 73.337 formasi per 26 September 2018.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur adalah membuka lowongan terbanyak yaitu sebesar 2.076 formasi, 1.472 di antaranya untuk jenjang S1 sederajat.

Formasi CPNS 2018 di Jawa Timur paling banyak untuk tenaga pengajar. Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim, Saiful Rachman, mengungkapkan kebutuhan guru di Jatim lebih dari jumlah formasi yang disediakan.

"Paling banyak kebutuhan guru SMK, karena tahun depan banyak guru praktek atau guru produktif yang akan pensiun. Selama ini kami memakai guru produktif dari tenaga ahli di Industri," kata Saiful dikutip Surya.co.id.

Guru SMK yang paling banyak dibutuhkan di antaranya seperti guru Teknik Sepeda Motor, Teknik Komputer dan Jaringan, Tata Boga, dan Teknik Mesin.

Jumlah lowongan CPNS di pemerintah daerah per 26 September 2018
Jumlah lowongan CPNS di pemerintah daerah per 26 September 2018 | Lokadata
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR