PILPRES 2019

Jelang debat, pemberitaan Prabowo di media melonjak

Grafik jumlah pemberitaan media di Indonesia antara Jokowi (biru) dan Prabowo (merah) selama periode 7-11 Januari 2019.
Grafik jumlah pemberitaan media di Indonesia antara Jokowi (biru) dan Prabowo (merah) selama periode 7-11 Januari 2019. | Lokadata /Beritagar.id

Lima hari lagi, debat calon presiden-wakil presiden yang pertama bakal digelar. Berita tentang pemilihan presiden pekan ini masih diwarnai soal persiapan debat, visi misi dan hoaks yang melatarinya.

Tiga berita yang ramai adalah dua capres yang membesuk Arifin Ilham, gagalnya sosialisasi visi misi, dan kasus hoaks surat suara yang pelakunya belum semua ditangkap.

Sepanjang 7-11 Januari 2019, analisis konten oleh mesin Lokadata Beritagar.id terhadap lebih dari 800 media daring di Indonesia, menemukan sekitar 11 ribu berita yang menyebut para kandidat presiden dalam Pemilu 2019.

Isu-isu seputar Joko "Jokowi" Widodo terpantau mencapai 6.747 artikel di media daring. Jumlah pemberitaan ini naik 2 persen dari pemberitaan pekan lalu yang hanya mencapai 6.604 artikel.

Perbandingan pemberitaan dan sebaran media antara Jokowi (kiri) dan Prabowo (kanan).
Perbandingan pemberitaan dan sebaran media antara Jokowi (kiri) dan Prabowo (kanan). | Lokadata /Beritagar.id

Tiga media paling banyak memuat adalah Tribunnews dengan 797 artikel; Detikcom 644 artikel; dan Antaranews 586 artikel.

Sedangkan yang menyebut Prabowo Subianto, melonjak hingga 48 persen. Pekan lalu, hanya 3.216 artikel yang menyinggung Prabowo. Namun pekan ini ada 4.779 artikel yang memuat namanya. Tribunnews paling banyak memberitakan dengan 687 artikel. Lalu Detikcom 567 artikel, dan Antaranews dengan 282 artikel.

Kedua tokoh ini tak hanya muncul dalam berita politik, tapi juga dalam kategori lain seperti Peristiwa, Bisnis, Olah Raga, dan Hiburan. Keduanya sama-sama muncul dalam kategori berita hiburan sebab, pekan ini keduanya membesuk ustaz Arifin Ilham.

Jokowi muncul dalam berita olah raga karena suporter PS Semen Padang yang membantah mendukung salah satu calon presiden.

Berikut rangkuman berita yang paling banyak menyebut nama-nama capres tersebut.

Presiden RI Joko Widodo (tengah) menyempatkan berswafoto dan membuat video story (vlog) bersama para mahasiswa usai meresmikan 3 unit rusunawa di halaman kampus STKIP Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (4/1/2019).
Presiden RI Joko Widodo (tengah) menyempatkan berswafoto dan membuat video story (vlog) bersama para mahasiswa usai meresmikan 3 unit rusunawa di halaman kampus STKIP Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (4/1/2019). | Destyan Sujarwoko /Antara Foto

Rangkaian teror kepada KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ternyata sudah meneriman sembilan teror. Baik kepada penyidik, pegawai, maupun pimpinannya. Teror berupa penyerbuan fasilitas KPK hingga teror bom ke rumah dua pimpinan KPK, Agus Rahardjo dan Laode M Syarif.

Menurut catatan Wadah Pegawai KPK, ini adalah teror yang kesembilan Mereka menduga, teror itu berasal dari kelompok yang sama. Presiden Jokowi menyatakan tak ada toleransi atas teror ini. Dia memerintahkan pelakunya dikejar dan tangkap.

Ada 242 artikel yang menuliskan soal ini. Paling banyak Tribunnews dengan 31 berita.

Jokowi besuk ustaz Arifin Ilham

Presiden Jokowi mengatakan tadi telah membesuk penceramah Arifin Ilham yang sedang dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. "Iya, pagi-pagi tadi," katanya di Istana Negara, Jakarta, Rabu (9/1/2018.)

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyatakan turut mendoakan pengasuh majelis dzikir Az-Zikra itu. Arifin diketahui dirawat di rumah sakit setelah putranya, Muhamad Alvin Aziz, mengunggah foto ayahnya ke akun media sosial dan meminta doa kesembuhan.

Ada 122 berita yang mengupas soal ini. Tribunnews paling banyak dengan 46 artikel.

Timses Jokowi balas tudingan takut sampaikan visi misi

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf membalas tudingan lawannya. Awalnya, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menuding Jokowi takut sampaikan visi misi. Namun kemudian Prabowo malah merevisi visi misinya.

Pada 7 Januari 2019 lalu, BPN merilis dokumen visi misi yang berjudul "Indonesia Menang". Juru Bicara BPN Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, tidak banyak berubah dalam dokumen visi misi "Indonesia Menang" jika dibandingkan dengan dokumen visi misi yang diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ada 111 berita yang menulis soal ini. Paling banyak detikcom dengan 20 berita.

Calon Presiden Prabowo Subianto melambaikan tangan kepada warga yang menghadiri peringatan 14 tahun bencana tsunami Aceh di Pelabuhan Pendaratan Ikan, Lampulo, Banda Aceh,  Aceh, Rabu (26/12/2018).
Calon Presiden Prabowo Subianto melambaikan tangan kepada warga yang menghadiri peringatan 14 tahun bencana tsunami Aceh di Pelabuhan Pendaratan Ikan, Lampulo, Banda Aceh, Aceh, Rabu (26/12/2018). | Irwansyah Putra /Antara Foto

Pembatalan sosialisasi visi misi

Calon Wakil Presiden SandiagaSalahuddin Uno kecewa dengan pembatalan penyampaian visi misi yang difasilitasi Komisi Pemilihan Umum atau KPU. Dia menilai masyarakat ingin mendengar secara langsung visi misi yang disampaikan oleh pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

Sandiaga mengungkapkan bahwa pihaknya tidak mendapat jangkauan yang sejauh dan seefektif, seefisien kalau misalnya tidak difasilitasi KPU.

Ada 100 berita yang mengupas masalah ini. Paling banyak detikcom, dengan 13 berita.

Penangkapan penyebar hoaks tujuh kontainer surat suara

Polisi menangkap BBP sebagai pembuat dan penyebar hoaks surat suara. BBP berusaha menghilangkan jejak dan melarikan diri ke Sragen, Jawa Tengah. BBP merupakan ketua Dewan Koalisi Relawan Nasional Prabowo.

Kemudian, MIK seorang guru SMP di Banten juga ditangkap karena menyebarkan hoaks ini. MIK juga sempat menghapus akunnya, tapi tetap ditangkap.

Pemberitaan mengenai penangkapan MIK lebih besar. Ada 75 berita yang mengabarkan tentang penangkapannya, 10 di antaranya berasal dari Tribunnews. Sedangkan pemberitaan BBP hanya ada 69 berita. Sebanyak 12 berita berasal dari Tribunnews.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR