SOROTAN MEDIA

Jelang Lebaran, Sofyan Basir ditahan KPK

Direktur Utama PT PLN nonaktif Sofyan Basir (tengah) menggunakan rompi tahanan berjalan keluar seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (27/5/2019). KPK resmi menahan Sofyan Basir terkait kasus dugaan korupsi pembangunan PLTU Riau-1.
Direktur Utama PT PLN nonaktif Sofyan Basir (tengah) menggunakan rompi tahanan berjalan keluar seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (27/5/2019). KPK resmi menahan Sofyan Basir terkait kasus dugaan korupsi pembangunan PLTU Riau-1. | Aprillio Akbar /Antara Foto

Direktur PLN non-aktif, Sofyan Basir (SFB), ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi dan langsung ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi usai pemeriksaan pada Senin (27/5/2019). Dengan demikian, Lebaran kali ini akan dirayakan Sofyan di dalam bui.

Basir menjadi tersangka kasus korupsi kesepakatan kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau-1. Ia diduga membantu tiga terpidana pada kasus yang sama, yaitu mantan anggota DPR RI Eni Maulani Saragih, mantan Menteri Sosial Idrus Marham, dan pengusaha swasta Johannes Buditrisno Kotjo.

"SFB ditahan 20 hari pertama di Rutan Cabang KPK di belakang Gedung Merah Putih KPK," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Senin (27/5).

Sejak penahanan diumumkan pada Senin sekitar pukul 23.30 WIB, berita kasus yang juga melibatkan beberapa politikus ternama ini langsung menarik perhatian dan mendapatkan banyak reaksi di media sosial.

Ringkasan

  • Direktur Utama PT PLN nonaktif, Sofyan Basir, ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejak Senin (28/5/2019) malam.
  • Sofyan ditahan sebagai tersangka kasus korupsi kesepakatan kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau-1.
  • Sofyan keluar dari gedung KPK sekitar pukul 23.30 WIB dengan menggunakan rompi tahanan dan borgol di tangannya.
  • Pemeriksaan Sofyan oleh KPK pada Senin ini merupakan kali kedua setelah dirinya ditetapkan sebagai tersangka pada Selasa (23/4/2019).
  • Mantan direktur utama BRI itu juga sudah mengenakan rompi tahanan KPK.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 12 pemberitaan, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dan republika.co.id dengan 3 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik dimulai sejak pukul 00:00 hingga 09:00 WIB, dan merupakan puncak dari pemberitaan dengan total 15 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah sebaran pada media sosial Facebook terbanyak didapat oleh viva.co.id dengan 2.408 sebaran, diikuti peringkat kedua merdeka.com dengan 524 sebaran. Selanjutnya detik.com dengan 513 sebaran pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR