SOROTAN MEDIA

Jemaah Haji kloter pertama tiba di Madinah

Sebanyak 450 jemaah calon haji kloter satu Embarkasi Surabaya dari kabupaten Magetan berjalan menuju pesawat di Bandara Udara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (6/7/2019) dini hari.
Sebanyak 450 jemaah calon haji kloter satu Embarkasi Surabaya dari kabupaten Magetan berjalan menuju pesawat di Bandara Udara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (6/7/2019) dini hari. | Didik Suhartono /ANTARA FOTO

Kelompok terbang (kloter) pertama jemaah calon haji (calhaj) dari Indonesia tiba di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdulaziz, Madinah, Sabtu (6/7/2019).

Ada 449 jemaah calhaj asal Magetan dalam kloter yang diberangkatkan dari embarkasi Surabaya (SUB 1) itu.

Kloter pertama tiba sekitar pukul 09.00 waktu setempat. Lebih cepat satu jam dari jadwal semula pukl 10.00 waktu lokal.

Ringkasan

  • Kedatangan jemaah haji Surabaya mengawali perjalanan jemaah haji Indonesia 2019 menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.
  • Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, menyambut kedatangan jamaah haji di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah.
  • Turut menyambut kedatangan para jemaah calon haji Indonesia adalah Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Madinah Arsyad Hidayat dan para Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).
  • Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, dari 449 jemaah asal Magetan terdapat 2 orang yang memakai tongkat untuk berjalan, 8 menggunakan kursi roda.
  • Juga terdapat jemaah calon haji bernama Sukinah yang telah berusia 93 tahun.
  • Panitia Penyelenggara Haji menerapkan sistem zonasi saat berada di Arab Saudi untuk memberikan kenyamanan dan keamanan kepada seluruh jemaah haji.
  • Jemaah haji dari embarkasi yang sama akan disatukan di satu zona setelah tiba di Bandara Internasional King Abdul Azis. Pembagian per zona itu diharapkan bisa memudahkan jemaah maupun panitia penyelenggara haji.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 12 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 8 pemberitaan. selanjutnya ihram.co.id dengan 7 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 04:00 hingga 22:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 14:00 WIB dengan total 7 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh liputan6.com dengan 974 interaksi, diikuti peringkat kedua karebatoraja.com dengan 554 interaksi. Selanjutnya viva.co.id dengan 491 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR