SOROTAN MEDIA

Jenderal bintang tiga diperiksa terkait kasus Novel Baswedan

Kadiv Humas Polri Irjen Pol M. Iqbal (ketiga kanan) bersama Ketua Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Kasus Novel Baswedan, Nurcholis (keempat kiri) dan anggota TGPF memberikan keterangan pers tentang perkembangan kasus Novel Baswedan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (9/7/2019). TGPF menyampaikan sudah bekerja maksimal sesuai dengan batas waktu dengan hasil laporan yang tertuang dalam 170 halaman dengan hampir 1.500 lampiran dalam kasus tersebut.
Kadiv Humas Polri Irjen Pol M. Iqbal (ketiga kanan) bersama Ketua Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Kasus Novel Baswedan, Nurcholis (keempat kiri) dan anggota TGPF memberikan keterangan pers tentang perkembangan kasus Novel Baswedan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (9/7/2019). TGPF menyampaikan sudah bekerja maksimal sesuai dengan batas waktu dengan hasil laporan yang tertuang dalam 170 halaman dengan hampir 1.500 lampiran dalam kasus tersebut. | Reno Esnir/wsj /ANTARA FOTO

Beberapa perwira tinggi aktif bintang tiga atau komisaris jenderal, diperiksa Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) kasus Novel Baswedan. TGPF

Hal itu diungkapkan anggota TGPF Prof. Hermawan Sulistyo, saat menyerahkan laporan hasil ivestigasi TGPF kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian, di Mabes Polri (9/7/2019). Menurut dia, timnya telah melakukan konfirmasi kepada para jenderal tersebut atas informasi dugaan keterlibatan mereka dalam teror penyiraman air keras terhadap penyidik KPK itu.

Dugaan keterlibatan jenderal pernah diungkap Novel Baswedan dalam sebuah wawancara kepada media asing. Hal yang sama juga muncul dalam penyelidikan yang dilakukan Kepolisian Daerah (Polda), Ombudsman Republik Indonesia, dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Sayangnya, Hermawan tidak mau menyebutkan nama-nama jenderal yang diperiksa tersebut.

Ringkasan

  • Tim Gabungan Pencari Fakta ( TGPF) untuk mengusut kasus penyerangan terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan menyerahkan laporan hasil investigasi kepada Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian, Selasa (9/7/2019).
  • Tim ini dibentuk oleh Kapolri Januari dan masa tugasnya berakhir 7 Juli lalu.
  • TGPF beranggotakan 65 orang dari berbagai unsur di antaranya praktisi yang menjadi tim pakar, internal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), serta unsur kepolisian.
  • Menurut anggota TGPF dari Komnas HAM, Nur Kholis, TGPF menggunakan pendekatan scientific investigation untuk mengungkap kasus ini.
  • Dokumen investigasi yang diserahkan kepada Kapolri berbentuk laporan setebal 170 halaman dengan lampiran sebanyak 1.500 halaman.
  • Menurut anggota TGPF, Hendardi, setelah mempelajari Kapolri bersama TGPF akan menjelaskan temuan itu kepada publik pekan depan.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 5 pemberitaan, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dengan 4 pemberitaan. selanjutnya akurat.co dengan 2 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik dimulai sejak pukul 00:00 hingga 08:00 WIB, dan merupakan puncak dari pemberitaan dengan total 4 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 67 interaksi, diikuti peringkat kedua jpnn.com dengan 6 interaksi. Selanjutnya akurat.co dengan 2 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR