KEBIJAKAN PEMERINTAH

Jokowi lanjutkan program BBM satu harga hingga 2024

Petugas Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) melayani konsumen pengendara pengguna bahan bakar minyak usai peresmian SPBU Lembaga Penyalur Pertamina BBM satu harga, di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, Jumat (11/10/2019).
Petugas Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) melayani konsumen pengendara pengguna bahan bakar minyak usai peresmian SPBU Lembaga Penyalur Pertamina BBM satu harga, di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, Jumat (11/10/2019). | Risky Andrianto /Antara Foto

Pemerintahan era Presiden Joko "Jokowi" Widodo berencana melanjutkan program Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga hingga 2024. Pada 2019, pemerintah telah menyelesaikan realisasi program BBM Satu Harga di 170 titik penyalur BBM, lebih cepat dari target yang ditentukan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan sebanyak 13 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) terbaru selesai dibangun pada 2019. Alhasil jumlah total penyalur BBM Satu Harga selama 2017-2019 menjadi 170 titik.

”Saya sudah melaporkan kepada Presiden Joko Widodo agar program ini dilanjutkan sebanyak 500 SPBU mulai tahun depan hingga 2024,” kata Jonan dilansir dari laman Kementerian ESDM, Senin (14/10/2019).

Menurut Jonan, SPBU BBM Satu Harga di masa mendatang juga dapat berkembang menjadi SPBU komersial. Tidak hanya menjual BBM bersubsidi, tapi juga BBM jenis lain seperti pertalite dan dexlite.

Dua perusahaan migas, PT Pertamina dan PT AKR Corporindo Tbk, bertanggung jawab membangun 170 SPBU tersebut. SPBU itu tersebar di seluruh Indonesia; masing-masing di Sumatra (31 SPBU), Jawa (3), Kalimantan (42), Bali (2), Nusa Tenggara (25), Sulawesi (17), dan Maluku-Papua (50).

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menyatakan, dalam tiga tahun terakhir Pertamina telah berkontribusi dengan membangun 161 SPBU BBM Satu Harga dari target 160 SPBU. Dari jumlah itu, Pertamina membangun 75 SPBU BBM Satu Harga di wilayah Indonesia timur.

Pertamina membangun 25 SPBU di Nusa Tenggara, 17 SPBU di Maluku, dan 33 SPBU di Papua. SPBU terbaru antara lain berlokasi di Omesuri, Nubatukan, Wolowaru, Ruteng, dan Kodi Utara di NTT; serta Morotai bagian selatan di Maluku Utara.

"Kehadiran SPBU penyalur ini dapat semakin meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat, terutama di wilayah 3T. Harga BBM yang terjangkau menurunkan harga barang dan biaya transportasi," tutur Fajriyah dalam keterangan pers.

Penyaluran BBM untuk SPBU BBM Satu Harga dilakukan dengan beragam moda transportasi di darat, laut, dan udara. "Untuk wilayah yang sulit dijangkau, Pertamina menyiapkan pesawat khusus pengangkut BBM jenis ATR dengan kapasitas 4.000 liter," tuturnya.

Menurut dia, distribusi BBM ke wilayah 3T meningkat tajam. Rata-rata besaran distribusi naik 696 persen menjadi 9.976 kiloliter untuk premium dan 570 persen menjadi 4.037 kiloliter untuk solar pada 2019.

Pertamina perlu menambah jumlah kendaraan darat dan laut yang digunakan untuk meningkatkan lalu lintas penyaluran BBM agar pasokan terus tersedia bagi masyarakat.

Program BBM Satu Harga merupakan salah satu upaya Presiden Jokowi untuk menghilangkan anggapan Jawa Sentris. Program ini juga bertujuan untuk mengatasi kesenjangan agar energi yang berkeadilan terwujud secara merata.

Pasalnya selama ini masyarakat di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) sulit menjangkau BBM dengan harga standar nasional, yakni Rp6.450 untuk premium dan Rp5.150 untuk solar.

Jauhnya jarak dan beratnya medan membuat kesenjangan harga BBM di wilayah 3T bisa sangat ekstrem. Selama ini, Papua sering dijadikan contoh daerah yang mengalami perbedaan harga BBM. Harga BBM di pulau ini bisa mencapai Rp100.000 per liter.

Selain di Papua, ternyata banyak daerah lainnya yang juga mengalami hal serupa seperti di Kalimantan dan Sulawesi. Harga BBM di wilayah-wilayah itu bisa melonjak hingga enam kali lipat dari harga di Pulau Jawa.

Program BBM Satu Harga mulai berjalan pada 1 Januari 2017 dan fokus pada penyaluran Premium dan Bio Solar. Jumlah BBM yang disalurkan terus meningkat dari tahun ke tahun dan rakyat seluruh daerah bisa menikmati harga BBM yang lebih murah.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR