Jokowi mantu, sejumlah pejabat negara mulai berdatangan

Presiden Joko Widodo (dua dari kiri) didampingi Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan (kiri) meninjau Gedung Graha Saba Buana Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Surakarta, Selasa (7/11/2017).
Presiden Joko Widodo (dua dari kiri) didampingi Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan (kiri) meninjau Gedung Graha Saba Buana Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Surakarta, Selasa (7/11/2017). | Reza Fitriyanto /Beritagar.id

Pejabat tinggi negara dan para menteri, tamu undangan pernikahan putri Presiden Joko Widodo mulai berdatangan di kota Solo, Selasa 7 November 2017 petang.

Wakil Presiden Jusuf Kalla salah satunya. Kalla tiba di Hotel Alila Solo pada 17.35. Beberapa menteri tampak di hotel yang sama ketika Kalla tiba. Di antaranya Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dakhiri.

Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono juga terlihat di sana. Sebelumnya, pada Senin 6 November 2017, Basoeki terlihat mendampingi Presiden Jokowi dalam acara gladi resik pernikahan Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution di kediaman presiden di Jalan Kutai Utara Solo.

Selain para menteri, tampak juga Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki. Meski presiden dan para menteri pembantunya berada di Solo, Teten mengatakan, tugas-tugas pemerintahan tetap berlangsung seperti biasa. "Jadi ini sambil kerja," katanya.

Bahkan presiden, meski berada di Solo untuk pernikahan putrinya, ia tetap menjalankan tugas kenegaraan. Teten mengatakan pada Sabtu kemarin, presiden berkunjung ke Kedung Ombo. Jumat, sehari sebelumnya, presiden juga menjalankan kunjungan ke Jawa Timur. "Tadi ke Sragen," katanya.

Sejumlah menteri lain, pejabat negara, dan petinggi partai politik dikabarkan juga menginap di hotel itu. Seorang sumber mengatakan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga menginap di tempat ini. Keduanya tiba di hotel Alila pada Selasa sore.

Acara pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution berlangsung pada Rabu, 8 November 2017. Akad nikah kedua mempelai akan berlangsung pukul 09.00 di Gedung Graha Saba Buana Solo. Acara dilanjutkan dengan resepsi pernikahan hingga pada malam hari.

Banyaknya pejabat negara dan petinggi pemerintahan dijadwalkan hadir dalam acara ini. Aparat keamanan pun harus ekstra berjaga. Mereka terlihat berjaga di hampir seluruh titik kota Solo.

Sebelumnya, seperti diberitakan, polisi menyatakan menerjunkan lebih dari 3 ribu personelnya untuk menjaga keamanan acara itu. Selain kepolisian, tentara juga terlihat berjaga di banyak tempat di kota Solo.

Hotel Alila merupakan hotel berbintang lima di kota Solo. Sistem pengamanannya terbilang cukup ketat. Tak hanya pada event pernikahan putri presiden kali saja, pada hari-hari biasa pun sistem pengamanan di hotel ini cukup ketat. Pengunjung dan pegawainya harus melalui pintu pendeteksi logam untuk memasuki gedung hotel.

Selain tingkat keamanan tinggi, hotel ini menawarkan kemewahan pada tamunya. "Mungkin itu yang menjadi referensi (bagi tamu-tamu pernikahan putiri Presiden Jokowi)," kata Marketing Communication Hotel Alila Solo Tiwik Widowati, Selasa siang.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR