Jokowi puncaki tren penelusuran Google Indonesia 2014

Presiden Joko Widodo dan dan Ibu Negara Iriana berpose selfie bersama sejumlah siswa Anglo Chinese School (ASC) International Singapura saat menghadiri wisuda anak bungsunya Kaesang Pangarep (kanan atas), 21 November 2014
Presiden Joko Widodo dan dan Ibu Negara Iriana berpose selfie bersama sejumlah siswa Anglo Chinese School (ASC) International Singapura saat menghadiri wisuda anak bungsunya Kaesang Pangarep (kanan atas), 21 November 2014 | Joko Sulistyo/Ant

Google merilis "Year In Search" yang memuat daftar pencarian paling tren sepanjang 2014. Dilansir The Next Web, daftar ini merupakan perpaduan daftar "tren" dan "paling banyak dicari." Pada periode sebelumnya, daftar ini bertajuk Zeitgeist.

Presiden Joko Widodo ("Jokowi") memuncaki daftar tren "Penelusuran" Google Indonesia 2014. Ini ketiga kalinya Jokowi masuk dalam tren pencarian Google selama setahun. Pada dua edisi sebelumnya (2012 dan 2013), Jokowi -- ketika itu menjabat Gubernur DKI Jakarta -- memuncaki daftar "Tokoh Paling Populer" di pencarian Google.

Sementara itu, kata kunci "Prabowo" (merujuk pada Prabowo Subianto) berada di nomor urut dua tren "Penelusuran." Pencarian terhadap "Jokowi" maupun "Prabowo" tentu saja didongkrak oleh persaingan keduanya pada Pilpres 2014.

Pada daftar tren "Penelusuran" terpantau juga kata kunci "Pilpres 2014," (8) dan "Kabinet Jokowi" (9). Sekaligus menunjukkan bahwa pencarian Google Indonesia 2014 didominasi oleh topik seputar Pilpres dan peralihan kekuasaan. Hal itu juga terlihat jelas pada daftar tren "Berita Nasional" yang dipuncaki oleh kata kunci "Pilpres 2014."

Tokoh lain yang masuk dalam daftar tren "Penelusuran" adalah artis "Nagita Slavina" (6) yang terdongkrak karena pemberitaan pernikahannya dengan Raffi Ahmad. Sejumlah topik global seperti "ISIS," "MH 370," dan "Ebola" melengkapi daftar 10 besar.

Pada kategori "Tokoh Indonesia," nama bintang sinetron Ganteng Ganteng Serigala, Aliando Syarief, terlihat memuncaki tren. Selanjutnya sejumlah nama selebriti macam JKT 48, Dewi Persik, Nagita Slavina, dan Raffi Ahmad. Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama ("Ahok") menjadi satu-satunya tokoh politik yang masuk dalam daftar tren "Tokoh Indonesia" dengan menempati peringkat 8.

Lihat lengkap daftar "Year In Search" versi Google Indonesia di sini.

Tangkapan layar "Year In Search" Google Indonesia.
Tangkapan layar "Year In Search" Google Indonesia. | Istimewa
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR