SOROTAN MEDIA

Jokowi siap bertemu Prabowo di mana saja

Presiden petahana Joko Widodo (kiri) menyalami calon presiden Prabowo Subianto usai mengikuti debat capres putaran keempat di Hotel Shangri La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019).
Presiden petahana Joko Widodo (kiri) menyalami calon presiden Prabowo Subianto usai mengikuti debat capres putaran keempat di Hotel Shangri La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019). | Hafidz Mubarak A. /Antara Foto

Presiden petahana Joko "Jokowi" Widodo menyatakan kesiapannya untuk bertemu dengan calon presiden Prabowo Subianto yang menjadi rivalnya dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Kesiapan Jokowi diungkapkannya dalam menjawab pertanyaan para jurnalis di sela kunjungan dinas ke Pasar Sukawati, Gianyar, Bali, Jumat (14/6/2019).

Selain mengomentari urusan rekonsiliasi dengan Prabowo, Jokowi juga mengajak semua pihak menghargai dan menghormati proses hukum sengketa Pilpres 2019 yang diajukan kubu rivalnya. Sidang dimulai pada Jumat (14/6) di Mahkamah Konstitusi, Jakarta.

Ringkasan

  • Jokowi sudah beberapa kali mengungkapkan keinginan untuk bertemu dengan Prabowo yang menjabat Ketua Umum Partai Gerindra. Namun hingga saat ini pertemuan belum terealisasi.
  • Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pernah mengutus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan untuk membuka komunikasi dengan Prabowo pascapencoblosan Pilpres 2019.
  • Luhut pun bertemu Prabowo dan sudah menentukan jadwal pertemuan. Namun pertemuan urung terjadi karena Prabowo mengaku sakit.
  • Jokowi dan Prabowo pernah melakukan rekonsiliasi politik dengan menunggang kuda di kediaman Prabowo di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada 20 April 2019.
  • Jokowi mengatakan tidak menutup kemungkinan hal serupa dilakukan kembali dan lokasinya bisa di mana saja. Antara lain di Keraton Yogyakarta, kereta MRT, atau kembali dengan menunggang kuda.
  • Sebagai penutup, Jokowi menyatakan bahwa hal terpenting adalah bersama-sama bekerja untuk membangun Indonesia.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 6 pemberitaan, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dan kompas.com dengan 2 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 03:00 hingga 14:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 12:00 WIB dengan total 11 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh detik.com dengan 270 interaksi, diikuti peringkat kedua kompas.com dengan 55 interaksi. Selanjutnya klikbabel.com dengan 8 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR