SOROTAN MEDIA

Kabut asap parah, pemkot Jambi liburkan sekolah

Ilustrasi: Suasana kawasan Kantor Gubernur Jambi yang diselimuti kabut asap tipis di Jambi, Minggu (18/8/2019). Kota Jambi kembali diselimuti kabut asap dalam beberapa hari terakhir, dan bertambah pekat utamanya pada malam dan pagi hari.
Ilustrasi: Suasana kawasan Kantor Gubernur Jambi yang diselimuti kabut asap tipis di Jambi, Minggu (18/8/2019). Kota Jambi kembali diselimuti kabut asap dalam beberapa hari terakhir, dan bertambah pekat utamanya pada malam dan pagi hari. | Wahdi Septiawan/ama /ANTARA FOTO

Kabut asap akibat karhutla di Kota Jambi menjadikan kualitas udara sangat buruk. Berdasarkan data Air Qualiity Monitoring System (AQMS) Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kota Jambi, konsentrasi partikulat PM 2,5 menunjukkan kualitas udara di daerah itu sudah di atas ambang batas 513, artinya masuk kategori berbahaya.

Melalui maklumat Wali Kota Jambi Nomor : 180/179 /HKU/2019, tentang antisipasi dampak kabut asap. Pemkot Jambi mengimbau agar masyarakat mengurangi aktivitas di luar ruangan, dan harus menggunakan masker.

Untuk kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah, serta guna melindungi siswa sekolah dari dampak kabut asap, Untuk sekolah Taman Kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diliburkan selama tiga hari mulai dari tanggal 9-11 September 2019. Sedang SD sampai SD dan SMP jam belajar dikurangi.

Ringkasan

  • Berdasarkan data Air Qualiity Monitoring System (AQMS) Dinas Lingkungan Hidup Daerah Kota Jambi, konsentrasi partikulat PM 2,5 menunjukkan kualitas udara di daerah itu kategori berbahaya, di atas ambang batas 513.
  • Wali Kota Jambi membuat maklumat Nomor : 180/179 /HKU/2019, tentang antisipasi dampak kabut asap, Pemerintah Kota Jambi mengimbau agar masyarakat mengurangi aktivitas di luar ruangan dan menggunakan masker.
  • Pemkot setempat pun meliburkan anak sekolah selama tiga hari untuk anak Paud dan TK.
  • Untuk siswa Sekolah Dasar kelas satu sampai kelas empat diliburkan selama dua hari dari tanggal 9-10 September 2019.
  • Untuk kelas lima dan enam dikurangi jam belajarnya, yakni masuk pukul 09.00 WIB dan pulang pukul 13.00 WIB pada hari Senin dan Selasa.
  • Untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) baik negeri, swasta dan tsanawiyah dikurangi jam belajarnya, yakni masuk pukul 8.30 WIB dan pulang pukul 13.00 WIB.
  • Selama libur guru tetap memberikan tugas kepada siswanya agar siswa tetap belajar di rumahnya masing-masing.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 5 pemberitaan, diikuti peringkat kedua covesia.com dengan 2 pemberitaan. selanjutnya tirto.id dengan 1 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 08:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 07:00 WIB dengan total 7 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh tirto.id dengan 156 interaksi, diikuti peringkat kedua republika.co.id dengan 141 interaksi. Selanjutnya riaunews.com dengan 18 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR