SOROTAN MEDIA

Kapolri persoalkan etika dan disiplin eks Kapolres Kampar

Idham Aziz saat mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri di ruang Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (30/10/2019)
Idham Aziz saat mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri di ruang Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (30/10/2019) | Muhammad Adimaja /Antara Foto

Kapolri Idham Azis angkat bicara soal mutasi Kapolres Kampar, Riau, AKBP Asep Darmawan, karena mengobrol saat Kapolri memberikan pengarahan pada HUT Brimob di Depok, Jawa Barat. Ia disebut melanggar disiplin dan juga etika.

Menurut Kapolri, masalah itu tidak hanya karena dia terlambat apel, tapi di situ juga terselip masalah etika. Sebagai kapolres, sebagai kasatwil, dia adalah teladan dan harus ditindak. AKBP Asep Darmawan pun dimutasikan sebagai perwira menengah Pelayanan Masyarakat (Yanma) Mabes Polri dalam rangka pemeriksaan.

Pernyataan itu awalnya muncul saat rapat dengan Komisi III DPR RI, Rabu (20/11/2019), Anggota DPR Fraksi PKB Dipo Nusantara menanyakan alasan Idham Azis mencopot Asep Darmawan dari jabatannya. Adapun anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Golkar Supriansyah mengapresiasi tindakan itu.

Ringkasan

  • Kapolri Jenderal Idham Azis buka suara terkait pencopotan Kapolres Kampar Riau, AKBP Asep Darmawan, saat rapat dengan Komisi III DPR RI, Rabu (20/11/2019).
  • Pada rapat tersebut, anggota DPR Fraksi PKB, Dipo Nusantara, menanyakan alasan mutasi Asep Darmawan ke Mabes Polri.
  • AKBP Asep dicopot sebagai Kapolres Kampar, meski baru dua bulan menjabat karena tak memperhatikan arahan Kapolri saat HUT Brimob di Depok, Jawa Barat.
  • Idham menyebut masalah Kapolres Kampar itu tidak hanya masalah ketika terlambat saat apel, tapi juga terselip masalah etika.
  • Asep Darmawan kini tengah diperiksa divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri dengan dugaan melanggar disiplin dan juga kode etik.
  • Posisi Asep digantikan AKBP Muh Kholid yang sebelumnya menjabat Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Riau.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 8 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 5 pemberitaan. selanjutnya merdeka.com dengan 3 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 01:00 hingga 21:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 13:00 WIB dengan total 7 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh halloriau.com dengan 2024 interaksi, diikuti peringkat kedua merdeka.com dengan 719 interaksi. Selanjutnya goriau.com dengan 546 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR