PENDIDIKAN TINGGI

Kartun: Kontroversi rektor impor

Tak hanya rektor asing. Wacana hakim asing juga pernah muncul. Orang Indonesia, dari partai  sosialis lawas, pernah jadi rektor di Jepang.
Tak hanya rektor asing. Wacana hakim asing juga pernah muncul. Orang Indonesia, dari partai sosialis lawas, pernah jadi rektor di Jepang. | Salni Setyadi /Beritagar.id

IMPOR | Wacana 2016, ihwal rektor impor untuk perguruan tinggi negeri, mengemuka lagi. Senin lalu (22/7/2019) di Semarang, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, M. Nasir, mengatakan akan merancang aturan.

Rektor dari luar negeri diperlukan untuk memajukan pendidikan tinggi di Indonesia.

Menurut Nasir, "Singapura maju karena rektor dari luar negeri, Taiwan maju karena rektor dari luar negeri, China maju karena rektor dari luar negeri. Bahkan Arab yang 800 tidak masuk, sekarang rektor dari Amerika 40 persen, Amerika dan Eropa, sekarang masuk 189."

Pekan lalu di Bogor Presiden Joko Widodo juga secara sambil lalu juga menyinggung impor rektor itu.

Penolakan dan ekspor

Juni lalu pun sudah ramai penolakan terhadap niat impor rektor ini. Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid adalah salah satu penolak: "Di Indonesia banyak akademisi yang bagus, mengapa ada kemungkinan pakai rektor dari luar negeri?"

Dulu, 1970-an, sejumlah dosen Indonesia mengajar di Malaysia. Sampai kini pun masih ada pensyarah (dosen) asal Indonesia. Lalu mulai 1980-an sejumlah dosen Indonesia dikontrak Brunei Darussalam.

Kalau orang Indonesia jadi rektor di luar negeri? Ada. Itulah Soedjatmoko (1922-1998), cendekiawan yang berlatar Partai Sosialis Indonesia.

Koko, demikian panggilan mantan Dubes RI di Amerika Serikat (1968-1971) itu, menjadi rektor Universitas PBB di Tokyo, Jepang, selama 1980-1987.

Hakim

Tentang profesi khusus yang diimpor. Pada 2010 muncul wacara untuk mengimpior hakim dari Belanda, agar bisa memerangi mafia peradilan. Pengusulnya adalah ahli hukum I Wayan Titib Sulaksana dari Universitas Airlangga, Surabaya.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR