PELEMAHAN KPK

Kartun: KPK per 17 Oktober 2019

UU KPK yang belum ditandatangani presiden itu otomatis berlaku hari ini. Nasib KPK bagaimana? Baik-baik saja. Dewan pengawas belum ada.
UU KPK yang belum ditandatangani presiden itu otomatis berlaku hari ini. Nasib KPK bagaimana? Baik-baik saja. Dewan pengawas belum ada. | Salni Setyadi /Beritagar.id

PAYUNG | Mulai hari ini, Rabu 17 Oktober 2019, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bekerja di bawah payung hukum baru. Karena belum ditandatangani presiden, UU KPK hasil revisi secara otomatis berlaku 30 hari setelah DPR mengesahkan, 27 September lalu.

Menurut Pasal 73 ayat 1 dan ayat 2 UU No. 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan, memang begitu aturan mainnya.

Hari-hari menjelang tenggat pekan ini dan sebelumnya KPK terlihat kencang menangkapi tersangka tipikor. Hari ini dan besok juga masih bisa begitu, tak perlu minta izin dewan pengawas.

"Misalnya sekarang ada penyadapan dan ada OTT ya dia langsung OTT. Izinnya ke mana? Dewan pengawas kan belum ada. Jadi presiden harus bikin panitia seleksi karena perintahnya begitu kalau di UU," ujar ahli hukum tata negara Bivitri Susanti, Rabu (16/10/2019; → Tempo.co).

Hingga sehari sebelum berlakunya UU KPK, Presiden Joko Widodo belum mau bicara soal Perppu KPK.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR