PENDIDIKAN TINGGI

Kartun: Pajak 68 persen dosen UGM

Ratusan dosen UGM protes karena dipungut pajak 68 persen secara otomatis. Kurang transparan, kata mereka.
Ratusan dosen UGM protes karena dipungut pajak 68 persen secara otomatis. Kurang transparan, kata mereka. |

CENGKLONG | Pekan ini 108 dosen Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, protes ke rektorat. Mereka mempertanyakan pajak penghasilan Juni ada yang sampai 68 persen. Cara penghitungannya kurang transparan, kata mereka.

Menurut Direktur Keuangan UGM Saiful Ali, ada keragaman besaran pajak. Penyebabnya sejak 2018 UGM berubah status, dari perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN BH) menjadi pengusaha kena pajak (PKP). Namun besaran tak sampai 68 persen. Paling tinggi 30 persen.

Menurut sebuah artikel di laman Ditjen Pajak Kementerian Keuangan, PTN BH yang memiliki unit usaha dalam badan hukum terpisah harus terikat oleh aturan perpajakan berbeda.

Sedangkan menurut artikel Didi Achjari, dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, yang pernah menjadi sekretaris Sekber PTN BH, di Kedaulatan Rakyat, jika penerimaan PTN BH tak dimasukkan dalam anggaran pemerintah pusat atau pemerintah daerah, statusnya akan menjadi PKP.

Catatan Redaksi: Kalimat "Salah satunya bisa 68 persen." dalam paragraf kedua telah kami koreksi menjadi "Namun besaran tak sampai 68 persen. Paling tinggi 30 persen."
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR