Kata bravo buat Rio Haryanto

Pembalap Tim Manor Racing Rio Haryanto berpose usai acara pernyataan pers mengenai dukungan pemerintah dan BUMN untuk Rio berlaga di Formula 1, Jakarta, Kamis (18/2).
Pembalap Tim Manor Racing Rio Haryanto berpose usai acara pernyataan pers mengenai dukungan pemerintah dan BUMN untuk Rio berlaga di Formula 1, Jakarta, Kamis (18/2). | Yudhi Mahatma /Antara Foto

Rio Haryanto bakal resmi menjadi pembalap Formula Satu (F1) pada musim 2016. Kepastian itu diumumkan oleh Manor Racing, satu dari 11 tim peserta F1 tahun ini, yang memasangkan pemuda 23 tahun itu dengan pembalap asal Jerman, Pascal Wehrlein.

Warta positif itu bolehlah menggirangkan hati khalayak luas di Indonesia. Pasalnya, Rio adalah bumiputra pertama yang akan meninggalkan jejak merah putih di sejumlah trek berkelas balap kursi tunggal F1.

"Manor Racing memilih Rio Haryanto untuk menahkodai mobil kedua. Dia melengkapi barisan muda nan beringas kami pada 2016," demikian petikan pernyataan tim asal Inggris itu. "Dia punya bakat, potensi, dan yang terutama adalah dukungan penuh dari pemerintah Indonesia," ujar Dave Ryan, Racing Director Manor, lewat sambungan Skype pada jumpa pers di Gedung Pertamax, kantor pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (18/2) sore.

Pertamina menjadi sponsor Rio dengan gelontoran dana sebesar GBP10 juta, atau sekitar Rp200 miliar.

Akun @pertaminaracing, diyakini milik lini bisnis pelumas Pertamina, ikut mengicaukan kabar penunjukkan Rio sekaligus menyinggung keberangkatan sang pembalap ke Barcelona.

Meski berstatus pay driver atau joki bayar--praktik lazim dalam F1 ketika tim peserta tidak menggaji si pengemudi--Rio bukan nama asing bagi Manor. Ia pernah berada di balik kemudi mesin GP3 Manor pada 2010, mengikuti tes untuk Virgin Racing pada tahun yang sama, serta turut pula mencicip tes untuk Marussia pada 2012 dan 2015. Virgin dan Marussia adalah tim yang kini bersalin menjadi Manor.

Dalam pernyataan yang dilansir laman resmi F1, Rio mengaku"(Balapan pertama di) Melbourne akan menjadi momen besar bagi saya, negara saya, pendukung serta penggemar saya. Terima kasih saya haturkan untuk semua pihak yang telah bersama saya sejak mengawali (balapan di kendaraan) kursi tunggal."

Pernyataan syukur serupa dapat pula ditengok di akun Twitter yang dipercaya miliknya, @RHaryantoracing.

Netizen urung absen pula dalam menyambut keberhasilan Rio bergabung dengan Manor. Ini bisa terukur dari pelbagai komentar yang bertebaran lewat beragam akun di Twitter.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR