INTERNASIONAL

Kebakaran melanda California, Hollywood meratap

Seorang petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di sebuah rumah di Butte County, California, Amerika Serikat (9/11/2018).
Seorang petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di sebuah rumah di Butte County, California, Amerika Serikat (9/11/2018). | Peter Dasilva /EPA-EFE

Bencana kebakaran hutan sedang melanda daerah California, Amerika Serikat (AS), sejak Kamis (8/11/2018). Puluhan orang tewas dan seperempat juta warga harus mengungsi.

Kebakaran juga membuat ribuan bangunan rusak berat. Sebagian warga, termasuk beberapa pesohor Hollywood harus pergi dan bahkan kehilangan rumah.

Sutradara Scott Derrickson, aktor Gerard Butler, serta penyanyi Miley Cyrus dan Neil Young termasuk para korban yang rumahnya dilalap api. Pesohor yang harus mengungsi antara lain Lady Gaga, Martin Sheen, Caitlyn Jenner, Kim Kardashian, dan Alyssa Milano.

"Saya termasuk beruntung. Hewan peliharaan dan orang yang saya cintai selamat, itu hal terpenting saat ini," tulis Cyrus melalui Twitter, Senin (12/11/2018). "Rumah saya sudah hancur, tapi ingatan yang saya bersama keluarga dan sahabat tetap kuat."

Hari sebelumnya, Derrickson mengunggah foto yang menampilkan sisa-sisa rumahnya. "Bagi saya, itu cuma barang-barang semata," tulis sutradara Doctor Strange ini melalui Twitter. "Ini lebih sulit bagi anak-anak saya, kehilangan barang yang memiliki banyak kenangan di dalamnya.”

Butler juga berfoto di depan sisa rumah dan mobilnya. “Selamat datang di rumah saya di Malibu. Separuhnya hilang," ujar aktor 300 ini melalui Instagram Story.

Neil Young menyalahkan Presiden AS Donald Trump atas musibah ini. “Bayangkan, pemimpin yang menolak sains, mengatakan bahwa solusi (atas kejadian ini) tak seharusnya jadi bagian dari keputusannya," tulis Young dalam situs resminya (h/t Pitchfork).

Kemarahan Young berasal dari kicauan kontroversial sang presiden pada Sabtu (10/11). Trump menyatakan bahwa manajemen hutan di California sangat buruk.

"Miliaran dolar diberikan setiap tahun, lalu kehilangan banyak nyawa karena manajemen salah urus hutan," ujar Trump berkicau.

Para pemadam kebakaran juga murka atas kicauan Trump. Menurut Young, pemadam kebakaran yang mencoba memadamkan rumahnya mengatakan tak pernah melihat api seganas itu.

Wajar jika Young murka. Sebelumnya, pelantun "Harvest Moon" ini rupanya punya pengalaman buruk terhadap kebakaran. "Saya pernah kehilangan rumah di California. Ini terjadi lagi," tulis Young.

Kebakaran di California memang langganan seperti halnya insiden karhutla (kebakaran hutan dan lahan) di Indonesia saat musim kemarau datang. Bencana besar di California, pantai barat AS, terakhir terjadi pada Oktober 2017. Ada empat titik api besar yang menghancurkan 7.234 bangunan dan menewaskan 41 orang.

Angin kencang dan kondisi kering yang terjadi pada November ini semakin memperparah keadaan. Diperkirakan kebakaran kali ini bisa menjadi yang terburuk sepanjang sejarah.

Tahun ini, ada tiga titik api besar yang melalap California -- terutama di Woolsey dan Hill yang menghajar daerah barat laut Los Angeles serta Camp Fire yang membakar California Utara. Menurut CBS News, Selasa (13/11), kebakaran di Camp Fire sudah menewaskan 42 orang dan menjadi kebakaran hutan paling mematikan sepanjang sejarah negara bagian tersebut.

Tempat bersejarah musnah

Selain rumah para pesohor, api juga menghanguskan beberapa tempat dengan nilai sejarah tinggi bagi kalangan perfilman AS. Hollywood Reporter, Senin (12/11), melaporkan lokasi syuting serial televisi M*A*S*H di Taman Nasional Malibu Creek rusak parah akibat kebakaran termaksud.

Peternakan besar milik rumah produksi Paramount di Agoura Hills juga terbakar. Tempat ini digunakan syuting serial televisi populer Westworld dan menjadi lokasi pemutaran film bisu setiap tahunnya selama 31 tahun terakhir.

"Ini kehilangan yang luar biasa besar," ujar Cari Beauchamp, sejarawan Hollywood. Kedua tempat itu memiliki banyak pohon ek yang sudah berusia ratusan. Lanskap dan arsitektur bangunannya kerap digunakan oleh para sineas.

"Pepohonan itu adalah latar dari setiap film yang dibikin kurun 1927-1953, ketika menampilkan kereta Wells Fargo lewat," jelas Beaucamp.

Tak hanya film lawas, set lokasi film anyar pun terancam. Nasib rumah Monte Nido yang digunakan karakter Jackson (Bradley Cooper) dalam film A Star is Born masih belum jelas. Rumah di daerah barat daya Calabasas seharga $2,4 juta itu juga dikelilingi pohon ek. Daerahnya sejalur dengan api Woolsey.

Selain film, sebagian sejarah musik juga terancam hilang. Api menghanguskan peternakan milik aktor Peter Strauss di pegunungan Santa Monica. Tempat ini pernah jadi saksi bisu konser Johnny Cash dan Willie Nelson pada 1950-an. Saat ini, taman tersebut kerap digunakan konser, pernikahan, dan pesta ulang tahun.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR