KECELAKAAN KERJA

Kecelakaan di RSAL Surabaya hingga Pasar Rumput Jakarta

Seorang warga mengamati reruntuhan atap Kamar 3 (Kelas II) di bangunan Stroke Center Rumah Sakit TNI AL Dr Ramelan, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (18/3). Bangunan yang baru direnovasi itu atapnya runtuh dan menyebabkan empat pasien terluka.
Seorang warga mengamati reruntuhan atap Kamar 3 (Kelas II) di bangunan Stroke Center Rumah Sakit TNI AL Dr Ramelan, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (18/3). Bangunan yang baru direnovasi itu atapnya runtuh dan menyebabkan empat pasien terluka. | Didik Suhartono /Antara Foto

Dua insiden kecelakaan berkaitan dengan struktur bangunan terjadi pada Minggu (18/3/2018) dalam waktu yang hampir bersamaan. Insiden terjadi di rumah sakit Angkatan Laut di Surabaya dan satu lagi di sekitar proyek pembangunan Rusunawa Pasar Rumput, Jakarta Selatan.

Dua kecelakaan itu semakin menambah catatan buruk proyek konstruksi di Indonesia. Sejumlah kecelakaan seperti ambruknya selasar di Bursa Efek Indonesia sampai ambrolnya penahan beton pada kepala pilar konstruksi tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) di kawasan Kebon Nanas, Jakarta Timur pada Selasa (20/2/2018).

Di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Dr Ramelan, Surabaya, tragedi terjadi pada Minggu (18/3/2018) sekitar jam 08.25 WIB. Suara gemuruh dari atap tiba-tiba memecah pagi di rumah sakit.

Suara gemuruh yang menjadi tanda ambruknya atap itu berlangsung sangat cepat. Atap ruangan syaraf kamar 3 kelas II di Paviliun VII ambruk sehingga mengakibatkan empat pasien luka. Mereka mengalami luka-luka, dan dua di antaranya mengalami luka lebam pada bagian kepala. Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu.

"Saat kejadian saya sedang menunggu ayah yang sedang menjalani uap di ruangan. Tapi secara tiba-tiba terdengar suara gemuruh dari atas sehingga dengan spontan saya mendekap ayah," kata Andi Hudiyono (43) melalui Okezone.

Andi mendekap sang ayah dilakukan untuk melindungi dari reruntuhan materiil atap gedung yang ambruk. Ia dan ayahnya selamat, meski Andi mengalami luka.

Kepala RSAL Dr Ramelan Surabaya, Laksamana Pertama TNI IGD Nalendra Djaya Iswara mengatakan saat itu pavilun di kamar 3 ditempati delapan pasien.

Tiba-tiba atap ruangan ambruk dan menimpa pasien. Empat pasien luka ringan. "Ada pasien yang sempat terjepit reruntuhan, tapi bisa diselamatkan," kata Nalendra.

Nalendra mengatakan korban yang menderita luka ringan, biaya perawatannya akan ditanggung RSAL dr Ramelan Surabaya.

Nalendra menduga, atap gedung itu rubuh karena kontruksinya tidak kuat. Konstruksi atap itu, kata dia, memang terbilang baru berbahan galvalum. Ruangan paviliun itu baru direnovasi 3 bulan lalu, karena sudah tua.

Nalendra menambahkan, hujan lebat yang terjadi pada Sabtu (17/8/2018) sore hingga malam turut memicu ambruknya atap paviliun.

Di Pasar Rumput, kecelakaan terjadi ketika seorang perempuan bernama Tarminah tewas diduga karena tertimpa besi dari proyek pembangunan Rusunawa Pasar Rumput.

Dilansir Viva.co.id, Kapolsek Metro Setiabudi, AKBP Irwa Zaini Adib mengatakan, kejadian berlangsung pada pukul 09.25 WIB. Saat itu, korban sedang berbelanja sayur.

"Tiba-tiba jatuh dari atas sebatang besi hollow berukuran sekitar tiga meter jatuh kemudian mengenai kepala korban," kata Irwa.

Korban yang tertimpa besi konstruksi itu langsung tersungkur dan tak sadarkan diri. Warga sekitar membawa korban ke Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo ( RSCM) menggunakan bajaj. Sesampainya di RSCM, sekitar jam 10.00 WIB dokter jaga RSCM menyatakan korban meninggal.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR