Kegusaran warganet lewat The Power of Setya Novanto

Sejumlah mahasiswa melakukan aksi teaterikal proses sidang praperadilan bebasnya tersangka korupsi e-KTP Setya Novanto di Bandung, Jawa Barat, Minggu (1/10).
Sejumlah mahasiswa melakukan aksi teaterikal proses sidang praperadilan bebasnya tersangka korupsi e-KTP Setya Novanto di Bandung, Jawa Barat, Minggu (1/10). | M Agung Rajasa /Antara Foto

Sidang praperadilan yang mencabut status tersangka Ketua DPR Setya Novanto terus mendapat sorotan publik. Di media sosial, warganet yang gusar dengan hasil sidang itu memunculkan tagar ThePowerofSetyaNovanto dan ThePowerofSetnov.

Hingga Senin (2/20/2017), kedua tagar itu masih menjadi perbincangan populer di Twitter. Kedua tagar itu menyindir "kesaktian" Setya Novanto yang dapat melepas status tersangka dugaan korupsi pengadaan e-KTP lewat sidang praperadilan.

Rupa-rupa cuitan dalam tagar ThePowerofSetyaNovanto dan ThePowerofSetnov itu, tetapi kebanyakan berisi tulisan jenaka. "Kekecewaan bisa ditumpahkan dengan cara jenaka tapi sesungguhnya kesal," tulis @nukman, akun terverifikasi pengamat internet dan media sosial, Nukman Luthfie.

Novanto yang ditetapkan sebagai tersangka pada Senin (17/7/2017) dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. Ia mengajukan praperadilan ke PN Jakarta Selatan pada 4 September 2017.

Hakim tunggal Cepi Iskandar mengabulkan sebagian permohonan praperadilan Setya Novanto dalam sidang Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (29/9/2017). Hakim menganggap penetapan tersangka Novanto oleh KPK dalam kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP tidak sah.

Hasil putusan sidang praperadilan itu menuai kritik. Sejumlah orang melakukan unjuk rasa mengungkapkan kekecewaannya.

Pada Minggu (1/10/2017), Masyarakat sipil antikorupsi menggelar unjuk rasa di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat. Dengan pakaian serba hitam, massa mengungkapkan kekecewaannya atas putusan praperadilan terhadap Setya Novanto.

Di media sosial, kritikan muncul bergelombang, termasuk tagar ThePowerofSetyaNovanto dan ThePowerofSetnov. Cuitan warganet ihwal "kesaktian" Novanto itu terus membanjiri linimasa dengan beragam tema.

Sosok Novanto dapat berada di lingkungan sekolah, kampus, lomba burung, ketinggalan pesawat, olah raga, dan lain-lain.

Di lingkungan sekolah dan kampus, Novanto menjadi sosok yang membalikkan keadaan.

Bagaimana kalau menghubungi Novanto melalui surat elektronik?

Ada juga yang menghubungkan Novanto dengan dunia olah raga.

Masih banyak tulisan unik nan lucu lainnya seputar Novanto yang kini masih berada di rumah sakit. Sejak menjadi tersangka, Novanto belum pernah sekali pun diperiksa karena mangkir dari dua agenda pemeriksaan dengan alasan sakit.

Ketika sidang putusan praperadilan, Novanto berada di rumah sakit Premier Jatinegara, Jakarta Timur. Foto Novanto berbaring di sebuah kamar perawatan sempat beredar di media sosial.

Dengan mata tertutup, berpakaian putih, berselimut, dan beberapa peralatan medis elektronik berada di sebelahnya, warganet banyak yang mengkritisi foto Novanto itu.

Novanto menjalani operasi pemasangan ring di jantungnya di rumah sakit Premier. Pemasangan ring tersebut diakibatkan adanya penyempitan fungsi pada jantungnya. Setelah menjalani operasi, Novanto dirawat di Intensive Cardiology Care Unit (ICCU).

Novanto masih berada di rumah sakit pada Senin (2/10/2017) ini. Wakil Sekjen DPP Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan, dari informasi yang diperolehnya, Novanto akan segera diperbolehkan pulang.

Kabar kepulangan Novanto itu belum dapat dipastikan dan menunggu hasil konsultasi dengan dokter. Wakil Sekjen Golkar Marlinda Irwanti mengatakan Novanto dalam kondisi beristirahat ketika menjenguknya, Senin (2/10/2017).

Marlinda mengatakan dokter sempat datang ke kamar perawatan untuk memastikan keadaan Novanto. Kata Marlinda, Novanto masih harus mendapat penanganan terkait sinusitis. "Saya lihat hari ini masih terbaring dan belum ada persiapan pulang," ujar Marlinda melalui Detikcom.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR