SOROTAN MEDIA

Kementerian PUPR tetapkan harga baru rumah subsidi

Foto aerial perumahan KPR subsidi di Kampung Bungursari, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (8/12/2018).
Foto aerial perumahan KPR subsidi di Kampung Bungursari, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (8/12/2018). | Adeng Bustomi /Antara Foto

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, pada 18 Juni 2019 telah menandatangani aturan baru soal harga rumah subsidi yang diperoleh melalui kredit/pembiayaan pemilikan rumah bersubsidi tahun 2019 dan 2020.

Keputusan Menteri (Kepmen) PUPR Nomor 535/KPTS/M/2019 tentang Batasan Harga Jual Rumah Sejahtera Tapak yang Diperoleh Melalui Kredit/Pembiayaan Pemilikan Rumah Bersubsidi itu memuat tiga butir penting, salah satunya soal harga.

Harga jual paling tinggi yang dikelompokkan berdasarkan lima wilayah, ditentukan dengan rentang antara Rp140 juta hingga Rp212 juta untuk tahun 2019, dan Rp150 juta hingga Rp219 juta untuk tahun 2020.

Ringkasan

  • Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR) Basuki Hadimuljono telah meneken aturan baru terkait harga tertinggi rumah subsidi.
  • Dalam aturan tersebut, batasan harga jual dibagi kedalam lima wilayah.
  • Batasan harga jual rumah sejahtera tapak paling tinggi (maksimal) yang diperoleh melalui kredit atau pembiayaan pemilikan rumah bersubsidi tahun 2019 dan 2020.
  • Rumah sejahtera tapak dimaksud merupakan rumah umum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 ayat (2) Peraturan Menteri Keuangan Nomor 81/PMK.010/2019 tentang Batasan Rumah Umum, Pondok Boro, Asrama Mahasiswa dan Pelajar, Serta Perumahan Lainnya, Yang Atas Penyerahannya Dibebaskan Dari Pengenaan Pajak Pertambahan Nilai.
  • Pengaturan batasan harga jual rumah subsidi tahun 2020 dinyatakan tetap berlaku untuk tahun-tahun selanjutnya sepanjang tidak terdapat perubahan ketentuan berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 6 pemberitaan, diikuti peringkat kedua malangtimes.com dengan 2 pemberitaan. selanjutnya radarcirebon.com dengan 1 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 06:00 hingga 16:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 09:00 WIB dengan total 2 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 25 interaksi, diikuti peringkat kedua radarcirebon.com dengan 16 interaksi. Selanjutnya malangtimes.com dengan 6 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR