SOROTAN MEDIA

Kemkominfo tak batasi akses bila medsos kondusif

Warga yang tergabung dalam Generasi Muda Nahdlatul Ulama (GMNU) menunjukkan saat unjukrasa menolak hoaks di Alun-alun Tegal, Jawa Tengah, Rabu (10/10/2018).
Warga yang tergabung dalam Generasi Muda Nahdlatul Ulama (GMNU) menunjukkan saat unjukrasa menolak hoaks di Alun-alun Tegal, Jawa Tengah, Rabu (10/10/2018). | Oky Lukmansyah/kye /Antara Foto

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) berharap tidak membatasi akses ke media sosial selama sidang perdana perselisihan hasil pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK) yang dimulai hari ini, Jumat (14/6/2019).

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ferdinandus Setu, kepada Antara di Jakarta, hari ini mengatakan pelambatan atau pembatasan akses hanya akan dilakukan bila media sosial tidak kondusif.

Situsi tidak kondusif dimaksud, bila ada peningkatan eskalasi hoaks dan hasutan di dunia maya. Pemantauan aktivitas di media sosial mengenai proses di MK hingga Jumat (14/6) pagi, menurutnya belum ada peningkatan eskalasi hoaks dan hasutan.

Pilihan untuk membatasi akses sudah dibahas secara internal oleh Menkominfo Rudiantara dengan Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan. Kemkominfo akan terus memantau situasi selama sidang perselisihan hasil Pilpres 2019 yang akan berlangsung selama 14 hari.

Ringkasan

  • Pengguna sosial media hingga Jumat pagi, 14 Juni 2019 masih bernapas lega.
  • Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memastikan tidak akan ada pembatasan akses media sosial (medsos) jika situasi kondusif.
  • Kominfo akan membatasi akses ke media sosial jika penyebaran pesan yang tergolong hasutan meningkat dan disertai adanya kejadian yang membahayakan NKRI.
  • Setu pun menuturkan pemerintah berharap tidak melakukan pembatasan medsos selama sidang MK.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 14 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 3 pemberitaan. selanjutnya viva.co.id dengan 1 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 11:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 09:00 WIB dengan total 10 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh kompas.com dengan 210 interaksi, diikuti peringkat kedua viva.co.id dengan 84 interaksi. Selanjutnya tribunnews.com dengan 61 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR