PELECEHAN SEKSUAL

Kevin Spacey dituduh melakukan pelecehan seksual

Aktor Kevin Spacey menghadiri acara Academy Awards ke-86 di Dolby Theater, Los Angeles (2/3/2014)
Aktor Kevin Spacey menghadiri acara Academy Awards ke-86 di Dolby Theater, Los Angeles (2/3/2014) | Paul Buck /EPA

Seorang aktor mengaku pernah dilecehkan oleh bintang film Kevin Spacey. Anthony Rapp, dikenal sebagai pemeran Paul Stamets dalam serial Star Trek: Discovery, menyatakan bahwa Spacey menggodanya ketika baru berusia 14.

"Dia (Spacey) mencoba merayu saya," ujar Rapp kepada BuzzFeed (29/10/2017). "Saya tak yakin menggunakan istilah yang benar. Namun saya sadar bahwa dia berusaha 'mendapatkan saya' secara seksual."

Ihwalnya adalah pertemuan mereka dalam sebuah acara di Broadway, New York, pada 1986. Keduanya sama-sama aktor panggung yang sedang naik daun.

Rapp sedang bersiap tampil dalam lakon Precious Sons. Sementara Spacey bermain dalam pertunjukan Long Day's Journey Into Night. Waktu itu Spacey berumur 26 tahun.

Suatu malam, Spacey mengundang Rapp ke apartemennya untuk berpartisipasi dalam sebuah pesta. Seusai pesta, Rapp menyadari hanya tinggal berdua dengan Spacey dan kemudian muncul dengan penampilan --yang menurutnya-- seperti sudah mabuk.

Rapp mengklaim Spacey menggandengnya seperti mempelai lelaki menggandeng mempelai perempuan. Kemudian ia memeluk Rapp dengan erat dan menindihnya di ranjang. Rapp lalu berhasil melepaskan diri, menuju kamar mandi, dan menutup pintu.

Pada usianya yang masih belia, Rapp kebingungan. "Kemudian saya melihat fotonya menggandeng seorang pria. Jadi saya tahu bahwa dia seorang gay. "

"Jadi saya membuka pintu dan berkata, 'Oke, saya mau pulang sekarang. Lantas ia mengikuti saya ke pintu depan apartemen. Ketika saya membuka pintu, ia bersandar ke pintu. Ia berkata, 'Kamu yakin mau pergi?' Saya jawab, 'Iya, selamat malam'. Lantas saya pergi."

Rapp menyatakan ia beruntung tidak ada kejadian yang lebih buruk. Namun itu tetap pengalaman menyeramkan baginya, apalagi usianya masih 14. Rapp sebetulnya ingin menemuiSpacey, tapi ia mengurungkan niatnya.

Keduanya lantas bertemu lagi pada 1999 dalam acara Tony Awards. Rapp tampil sebagai salah satu penyanyi, sementara Spacey menjadi nomine Aktor Panggung terbaik lewat lakon The Iceman Cometh.

"Dia melihat saya, dan saya pikir sedikit mengenali saya, kemudian saya memalingkan muka. Saya melewatinya dan keluar lewat pintu," ujar Rapp.

Setelah kisah itu tersebar, Spacey kemudian meminta maaf melalui Twitter. Namun permintaan maafnya malah jadi kontroversi baru bagi pemenang dua trofi Oscar ini.

Spacey mengakui dirinya adalah seorang homoseksual, sesuatu yang lantas menjadi cibiran warganet --terutama komunitas LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transgender).

"Saya sejujurnya tidak ingat kejadian itu, yang terjadi lebih dari 30 tahun lalu. Jika saya benar-benar melakukan apa yang (Rapp) jelaskan, saya berutang maaf padanya karena kelakuan itu sangat tak pantas akibat mabuk," tulis Spacey.

"Seperti yang telah diketahui beberapa karib dekat, saya pernah menjalin hubungan dengan lelaki dan perempuan... Sekarang saya memilih hidup sebagai seorang gay."

Beberapa menganggap Spacey menggunakan pengakuannya sebagai homoseks untuk mengalihkan perhatian dari hal lain yang lebih buruk; menggoda anak di bawah umur secara seksual. Komedian Billy Eichner menyatakan, "Kevin Spacey menciptakan apa yang belum pernah ada: waktu yang sangat buruk untuk melakukan pengakuan."

"Ini bukan soal Anda gay, Tuan Spacey. Ini soal Anda tertuduh sebagai seorang pedofil," kicau presenter Piers Morgan.

"Saya mohon maaf, Tuan Spacey, tapi lamaranmu untuk memasuki komunitas gay telah ditolak," kicau aktivis komunitas LGBT Dan Savage.

"'Iya, saya mencoba memperkosa bocah 14 tahun ketika saya berusia 26, tapi saya gay!' adalah pembelaan diri yang sangat buruk," tulis kolumnis Ben Shapiro.

Gara-gara Harvey Weinstein

Hollywood memang tengah dilanda skandal patriarkisme dan kekerasan seksual, yang sebenarnya sudah mendarah daging sejak lama. Semua bermula dari tulisan New Yorker dan New York Times soal pengalaman beberapa aktris yang mengklaim dilecehkan oleh produser ternama Harvey Weinstein.

Setelah tulisan itu, bola salju makin besar. Beberapa pesohor mulai berani mengungkap diri pernah menjadi korban pelecehan seksual.

Sampai hari ini, daftar wanita yang mengaku dilecehkan oleh Weinstein sudah lusinan. Ada nama-nama besar seperti Ashley Judd, Rose McGowan, Asia Argento, Angelina Jolie, Gwyneth Paltrow, Mira Sorvino, Heather Graham, Cara Delevingne, Kate Beckinsale, dan Lea Seydoux.

Kebetulan Rapp termasuk yang terdorong oleh terungkapnya kasus Weinstein.

"... kejadian-kejadian yang terungkap ini bisa terus berlanjut selama beberapa dekade karena banyak orang diam saja, termasuk saya. Saat ini saya merasa seperti terbangun, dan saya harap ini bisa membuat sebuah perbedaan," ujar Rapp.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR