RINGKASAN SEPEKAN

Kisruh Krakatau Steel, error Bank Mandiri, hingga kanker prostat

Kisruh Krakatau Steel dan lima berita populer lainnya di Beritagar.id sepanjang pekan lalu (21-26/7/2019).
Kisruh Krakatau Steel dan lima berita populer lainnya di Beritagar.id sepanjang pekan lalu (21-26/7/2019). | Robotorial /Antara Foto, beritagar.id

Beberapa berita mendapatkan perhatian lebih dari pembaca Beritagar.id sepanjang pekan lalu. Mulai dari mundurnya Roy Maningkas dari jabatan Komisaris Independen PT Krakatau Steel hingga perang tarif baja Indonesia dengan Tiongkok.

Ada pula soal Bank Mandiri yang layanan elektroniknya mengalami masalah, Gojek yang meluncurkan logo baru, bahaya kanker prostat bagi para lelaki, hingga operasi seorang bocah Karawang pasca-obesitas ekstrem.

Berikut adalah ringkasan 6 berita populer dalam sepekan (21-26/7/2019) :

Krakatau Steel harus berbenah usai ditinggal komisaris

Dirut PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (PT KS) Silmy Karim memberi sambutan saat acara penyalaan perdana Blast Furnace Complex PT KS di Cilegon, Banten, Kamis (20/12/2018).
Dirut PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (PT KS) Silmy Karim memberi sambutan saat acara penyalaan perdana Blast Furnace Complex PT KS di Cilegon, Banten, Kamis (20/12/2018). | Asep Fathulrahman /Antara Foto

Komisaris Independen PT Krakatu Steel (Persero) Roy Maningkas mundur dari jabatannya. Roy mengatakan, surat permohonan pengunduran diri diajukan ke Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selaku pemegang saham sejak 11 Juli 2019.

Keputusan ini dilatarbelakangi oleh pengoperasian proyek Blast Furnace yang dibangun sejak 2011. Pabrik yang dibangun dengan nilai proyek sebesar $500 juta AS di area seluas 55 hektar itu akan menghasilkan 1,2 juta ton hot metal per tahun.

Dia melanjutkan, masalah berikutnya adalah biaya pokok produksi slab dari fasilitas tersebut lebih mahal $82 per ton dibanding harga pasar. Apabila diproduksi 1,1 juta ton per tahun, maka potensi kerugian Krakatau Steel sekitar Rp1,2 triliun per tahun.

Baca selengkapnya di sini.

Infografik: Kanker prostat si pembunuh nomor dua

Dibilang, sering ejakulasi akan mencegah kanker prostat. Pakai sebut Universitas Harvard pula.
Dibilang, sering ejakulasi akan mencegah kanker prostat. Pakai sebut Universitas Harvard pula. | Antyo® /Beritagar.id

Berpulangnya seniman Arswendo Atmowiloto (70) kepada Sang Khalik dua hari lalu (19/7/2019), di Jakarta, mengingatkan orang pada ancaman maut oleh kanker prostat. Arswendo meninggal karena itu.

Menurut siaran pers Badan Kesehatan PBB (WHO), September 2018, kanker perenggut-nyawa-pria nomor satu adalah kanker paru, kemudian disusul kanker prostat.

Apa saja penyebab utama kanker prostat masih belum jelas. Faktor genetis diduga berperan. Cancer Treatment Centers of America menyebutkan, DNA dalam sel-sel prostat bermutasi, lalu menonaktifkan kemampuan untuk mengendalikan pertumbuhan dan pembelahan sel.

Baca selengkapnya di sini.

Bermula call center, Gojek jadi platform teknologi terdepan

Iklan Gojek terpampang di stasiun komuter di Singapura, Senin (4/3/2019).
Iklan Gojek terpampang di stasiun komuter di Singapura, Senin (4/3/2019). | Edgar Su /Antara Foto/Reuters

Sebagai layanan daring, Gojek mengklaim sebagai platform teknologi terdepan di Asia Tenggara yang menghubungkan jutaan rakyat Indonesia dengan dua juta mitra pengemudi, 400 ribu merchants, dan 60 ribu mitra talent --pemijat dari layanan Go-massage atau montir untuk layanan Go-auto.

Pendiri dan CEO Gojek, Nadiem Makarim, mengaku tak pernah menyangka Gojek bisa menjadi satu di antara akselerator utama teknologi di Indonesia. "Saya tak pernah menduga Gojek bisa seperti sekarang," katanya saat meluncurkan logo baru Gojek di Jakarta, Senin (22/7/2019).

Nadiem pun menceritakan bagaimana Gojek bermula. Memulai pada 2011, Nadiem mendirikan Gojek sebagai perusahaan perintis (startup) tanpa dana besar dan teknologi, serta hanya menempati kantor di ruangan seluas 5x7 meter persegi di Jakarta.

Baca selengkapnya di sini.

Arya harus lima kali operasi pasca-obesitas ekstrem

Arya Permana berada di ruang rawat inap menjelang operasi bedah plastik di RS Hasan Sadikin, Bandung, Jawa Barat, Rabu (24/7/2019).
Arya Permana berada di ruang rawat inap menjelang operasi bedah plastik di RS Hasan Sadikin, Bandung, Jawa Barat, Rabu (24/7/2019). | Dokumentasi RSHS Bandung

Tepat saat Hari Anak Nasional, Selasa (23/7/2019), Arya Permana harus tinggal di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Pusat dr. Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jawa Barat (Jabar). Bocah berusia 13 tahun asal Karawang, Jabar, itu menanti sebuah operasi besar.

Tim dokter akan membuang sebagian kulitnya dengan metode bedah plastik pada Rabu (24/7) pagi ini. "Sejak 17 Juli ia dirawat di RSHS dengan keluhan kulit menggelambir," kata Direktur Utama RSHS Bandung Nina Susana Dewi di kantornya Selasa (22/7).

Sehari sebelum operasi, ketua tim penanganan operasi Dida Gurnida mengatakan kondisi Arya secara umum baik. Pasien pun mengaku telah siap menjalani operasi sejak datang ke RSHS.

Arya menjadi perhatian publik pada 2016 karena kasus obesitas. Kegemukan tubuhnya tergolong ekstrem bagi seorang anak. Bobotnya ketika itu hampir dua kuintal atau sekitar 190 kilogram (kg). Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana ketika itu sampai turun tangan mendampingi Arya ke RSHS..

Baca selengkapnya di sini.

2.670 nasabah Bank Mandiri harus kembalikan tambahan saldo

Ilustrasi: Nasabah bertransaksi di anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Mandiri.
Ilustrasi: Nasabah bertransaksi di anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Mandiri. | M Risyal Hidayat/ama / ANTARA FOTO

PT Bank Mandiri Tbk mengaku telah memblokir 2.670 rekening nasabah pasca-layanan elektroniknya error pada Sabtu (20/7/2019). Rekening tersebut tercatat menerima saldo tambahan saat error terjadi dan telah memindahkannya ke rekening lain.

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas, (22/7/2019), mengatakan Bank Mandiri akan meminta nasabah mengembalikan saldo tambahan yang terlanjur dipindahkan. Mulai besok pihaknya akan menghubungi dan mendatangi 2.670 nasabah pemilik rekening tersebut untuk melakukan komunikasi terkait.

Kekacauan yang terjadi pada saat proses perpindahan dari sistem utama (core) ke sistem cadangan (back-up) layanan Bank Mandiri (20/7/2019), membuat 10 persen dari 1,5 juta nasabah mengalami gangguan.

Baca selengkapnya di sini.

Perang tarif baja Indonesia dan Tiongkok

Pekerja memotong lempengan baja panas di pabrik pembuatan hot rolled coil (HRC) PT Krakatau Steel (Persero) Tbk di Cilegon, Banten, Kamis (7/2/2019).
Pekerja memotong lempengan baja panas di pabrik pembuatan hot rolled coil (HRC) PT Krakatau Steel (Persero) Tbk di Cilegon, Banten, Kamis (7/2/2019). | Asep Fathulrahman /AntaraFoto

Pemerintah berjanji melindungi produk besi baja dalam negeri dari ancaman pengenaan bea masuk anti-dumping oleh Tiongkok untuk kiriman komoditas ini dari Indonesia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto menyatakan pengenaan tarif tambahan terhadap impor besi baja Indonesia ke Tiongkok berpotensi membuat defisit neraca dagang semakin melebar. Oleh karenanya, pemerintah mengaku akan mengambil langkah balasan dengan mengkaji ulang produk besi baja kiriman Tiongkok.

Dari catatan Kementerian Perdagangan, Tiongkok diketahui mengekspor 1,85 juta ton flat steel ke Indonesia pada tahun 2018, naik 53,7 persen dibanding 2017. Impor baja yang datang dari Tiongkok didominasi oleh produk hot rolled coil (HRC), plate, cold rolled coil (CRC), section, dan wire rod.

Tingginya gempuran impor baja dari Tiongkok ini merujuk pada konsumsi baja yang terus tumbuh setiap tahunnya. Dari total kebutuhan nasional yang mencapai 14 juta ton pada 2018, produsen lokal hanya memiliki kapasitas produksi sebanyak 8 sampai 9 juta ton per tahun.

Baca selengkapnya di sini.

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR